Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentuka Lokasi Promosi Penerimaan Siswa Baru Pada SD Rizki Ananda Dengan Metode WP (Weight Product)

Authors

  • Dwi Puspita Sari STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.3147

Abstract

Lokasi adalah tempat dimana orang-orang bisa berkunjung. Promosi merupakan cara untuk menawarkan  produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk mengkonsumsi atau menggunakan jasanya. Dalam hal ini lokasi promosi yang tepat sangat berpengaru besar dalam jumlah ketertarikan individu yang menjadi sasaran dilakukannya promosi, Pada saat ini mulai banyak bermunculan sekolah-sekolah baru yang lebih murah sehingga menyebabkan persaingan dan berkurangnya jumlah siswa baru yang terdaftar setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah pemilihan lokasi penerimaan siswa baru untuk SD Rizki Ananda yang  dialami oleh tatausaha dan staf yang biasa bertanggung jawab pada bidang penepatan lokasi promosi, Pemilihan lokasi promosi dapat dilakukan dengan menerapkan metode weight product berdasarkan kriteria-kriteria yang di terapkan. Dengan adanya penerapan metode ini diharapkan dapat membantu menemukan lokasi yang tepat untuk pemilihan lokasi promosi penerimaan siswa baru. Untuk mengatasi masalahnya penulisan skripsi ini dibuat program sistem pendukung keputusan berbasis visual basic dengan metode weight product yang dapat digunakan untuk mencari lokasi yang tepat untuk melakukan promosi penerimaan siswa baru untuk SD Rizki Ananda.

Author Biographies

Dwi Puspita Sari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

F. Rahayu, “Manajemen Operasional Analisis Penentuan Lokasi Pada Kerajinan Marmer,†J. Ekon. Manaj., p. 1, 2018, [Online]. Available: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7553/5/BAB II.pdf.

A. Latief, “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa),†J. Manaj. dan Keuang., vol. 7, no. 1, pp. 90–99, 2018, doi: 10.33059/jmk.v7i1.756.

Arman, T. A. Sundara, I. Stephane, and M. Fadli, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik dengan Metode Weighted Product Pada MAN 1 Pariaman,†J. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 310–321, 2019.

D. Zulkarnain, Y. W. Syaifudin, and C. Rahmad, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Strategis Cabang Usaha Warung Makanan,†J. Inform. Polinema, vol. 3, no. 1, p. 53, 2016, doi: 10.33795/jip.v3i1.23.

I. W. K. Suwastika and N. L. A. K. Y. Sarja, “Penentuan Lokasi Pemasaran Produk dengan Menerapkan Metode AHP dan Weighted Product,†J. Sist. dan Inform., vol. 10, pp. 155–164, 2017.

Downloads

Published

2019-10-26

URN