Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Parvo Pada Anjing Dengan Metode Certainty Factor

Authors

  • Lely Silvia Br Barus STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i5.3137

Abstract

Salah satu hewan yang dijadikan peliharaan adalah anjing. Anjing merupakan hewan yang penurut. Bagi si pemilik hewan peliharaan tentunya sangat dituntut untuk memberikan perawatan bagi hewan peliharaannya. Selain memberinya makan, tentu pemilik juga harus menjaga kesehatan hewan peliharaannya. Salah satu penyakit yang kerap diderita oleh anjing peliharaan adalah penyakit Parvo. Penyakit Parvo anjing (PPA) merupakan penyakit menular bersifat akut dan mematikan pada anjing berumur muda, ditandai dengan dehidrasi, muntah dan berak bercampur darah, gastroenteritis dan miokarditis. Penyakit Parvo anjing (PPA) disebabkan oleh canine Parvo (C PV), genus. Penyakit Parvo terkadang jarang diketahui oleh si pemilik hewan, karena untuk mengecek penyakit ini dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan khusus yang dimiliki oleh si pemilik hewan. Ketidaktahuan tentang penyakit ini bisa saja menyebabkan timbulnya infeksi  atau bahkan dapat sebagai katalis untuk penyakit lain masuk kedalam tubuh hewan peliharaanSistem yang dapat membantu permasalahan tersebut adalah sistem pakar.Sistem Pakar merupakan sebuah sistem yang mampu mengidentifikasi sebuah permasalahan dengan menggunakan keahlian seorang pakar yang telah ditanamkan kedalam sebuah sistem dengan menggunakan algoritma tertentu. Sistem pakar merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang pakar, dimana Sistem pakar menggunakan pengetahuan (knowledge), fakta, dan teknik berfikir dalam menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh seorang pakar dari bidang yang bersangkutan Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar dengan Metode Certainty Factor yang dapat membantu pemilik Anjing dalam mengetahui penyakit pada hewan tersebut.

Author Biographies

Lely Silvia Br Barus, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Firahmi Rizky, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

J. da Bagus Oka Winaya, "ASPEK PATOLOGIS INFEKSI PARVO PADA ANAK ANJING DI KOTA DENPASAR Pathological Aspect of Canine Parvo Infection in Denpasar," Jurnal Kedokteran Hewan, vol. 8, no. 2, 2014.

B. Penelitian Veteriner, "CANINE PARVO PADA ANJING INDRAWATI SENDOW," WARTAZOA, vol. 3, no. 2, p. 2, 2013.

Febby Kesumaningtyas, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMENSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING STUDI KASUS (DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PADANG PANJANG)," Jurnal Ed ik Informatika, vol. 3, no. 2, 2016.

I. H. Santi and B. Andari, "Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah dengan Metode Certainty Factor," INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, p. 159, 1 7 2019.

Suendri, "Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan)," ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, p. 1, 2018.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN