Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Mitra Kerja Petugas Sensus Penduduk Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) Di Kecamatan Tanjung Morawa Pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang

Authors

  • Lola Savila STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.3120

Abstract

Sensus penduduk adalah kegiatan pendataan untuk mengetahui jumlah angka kelahiran, kematian, pertumbuhan dan perpindah penduduk di seluruh wilayah Indonesia yang dilakukan selama 10 tahun sekali. Luas nya wilayah di Indonesia membuat Badan Pusat Statistik selaku penyelenggara yang bertanggung jawab dalam kegiatan sensus penduduk pada tahun, mengalami kesulitan dalam memilih petugas sensus atau biasa yang disebut dengan mitra. Dalam proses pemilihan mitra petugas sensus penduduk yang berkualitas diperlukannya mekanisme pemilihan yang tepat agar menghasilkan keputusan yang sesuai diharapkan. Untuk dapat membantu Badan Pusat Statistik agar proses pemilihan mitra kerja petugas sensus penduduk kedepannya dapat lebih baik dan lebih tepat, maka dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan dengan dukungan Metode MOORA. Berdasarkan Sistem Pendukung Keputusan yang dibangun, masalah selama ini dalam proses pemilihan mitra kerja petugas sensus penduduk yang berkualitas dapat terpecahkan. Proses seleksi yang dilakukan dapat menjadi lebih mudah, cepat dan hasil yang didapat lebih akurat.Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Petugas Sensus, Metode MOORA.

Author Biographies

Lola Savila, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

K. Erwansyah, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Mitra Kerja Entri Data Baru Pada Badan Pusat Statistik Kota Medan Menggunakan Metode MOORA ( Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis ),†vol. 18, no. 1, 2019.

D. O. I. Issue and D. Artikel, “6 123456,†vol. 01, no. 01, pp. 48–54, 2020.

S. B. Utomo, M. N. R. Addiansyah, and A. I. Fikri, “Kebijakan Sensus Penduduk Online: Integrasi Kepentingan Elit dan Massa,†Politea, vol. 3, no. 1, p. 98, 2020, doi: 10.21043/politea.v3i1.7507.

B. E. Putranti and S. Ambawani, “Sensus Penduduk Online 2020 Pada Masa Pandemi Covid19 Di Lingkungan Rt 83 Rw 20 Baciro Yogyakarta,†Pros. Semin. Nas. LPPM, no. November, pp. 47–56, 2020.

R. R. Indraswari and R. J. Yuhan, “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penundaan Kelahiran Anak Pertama Di Wilayah Perdesaan Indonesia: Analisis Data Sdki 2012,†J. Kependud. Indones., vol. 12, no.

F. I.-R. P. Computer, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan MultiObjective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 73–83, 2018, doi: 10.31227/osf.io/ehksf.

Downloads

Published

2019-10-26

URN