PENERAPAN DATA MINING UNTUK PENGELOMPOKAN PAKET BARANG YANG AKAN DI KIRIM PADA J&T IDI ACEH DENGAN MENGGUNAKAN K- MEANS CLUSTERING

Authors

  • Putra Kurniady STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.3119

Abstract

Keberadaan Jasa pengiriman barang memilik peran yang sangat strategis untuk meningkatkan kinerja arus barang dari dan tujuan suatu wilayah, Peran Utama barang dari tempat asal pengiriman menuju ketempat tujuan, Peran nya yaitu sebagai sarana tranportasi barang yang meliputi penyediaan akses transportasi barang baik dalam jarak dekat (dalam kota) maupun jarak jauh (luar kota). Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pengiriman paket barang pelanggan adalah dengan memanfaatkan data untuk pengelompokan paket barang. Data mining merupakan teknik yang menggabungkan teknik analisis data dan menemukan pola-pola yang penting pada data. Dalam penelitian ini akan dibahas bagaimana cara mengimplementasikan salah satu algoritma dalam data mining, yaitu algoritma K- Means Clustering. Karena dengan k-Means cocok untuk menghasilkan cluster dengan jumlah yang sudah ditetapkan, selain itu kecepatan prosesnya juga relatif tinggi sehingga mempercepat proses pengelompokan dengan probabilitas konvergensi cluster yang tinggi.

Author Biographies

Putra Kurniady, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

References

N. A. Hasibuan et al., “Implementasi Data Mining Untuk Pengaturan Layout,†vol. 4, no. 4, pp. 6–11, 2017.

A. Maulana and A. A. Fajrin, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,†Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 27, 2018, doi: 10.20527/klik.v5i1.100.

M. Fauzi et al., “PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENDETEKSI PENYEBARAN PENYAKIT TBC ( STUDI KASUS : DI KABUPATEN DELI SERDANG ) Abstrak,†vol. 1, no. 2, 2017.

A. S. R. Sinaga, “Data Mining Informasi Tingkat Kelulusan Mahasiswa STMIK Pelita Nusantara Medan,†J. Manaj. dan Inform. Komput. Pelita Nusant., pp. 27–35, 2017.

A. Thoriq Muhammad and B. Nurhadiyono, “Penerapan Data Mining Pada Data Transaksi Penjualan Untuk Mengatur Penempatan Barang,†2014.

Downloads

Published

2019-08-26

URN