IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IOT) PENYIRAM BIBIT MELON DENGAN METODE SIMPLEX BERBASIS NODEMCU

Authors

  • Rukun Sihombing STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murnianti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.3117

Abstract

Tanaman   merupakan   mahluk   hidup   yang   membutuhkan   air   untuk perkembangan hidupnya. Tingkat kesuburan dapat dipengaruhi dengan intensitas air  tanah    yang  dikandungnya,  terutama  pada  bibit  tanaman melon yang  sangat rentan dengan air dan kelembapan. Namun petani bibit melon masih mengalami kesulitan dalam hal penyiraman dan pemantauan  karena harus dilakukan secara manual dimana cara ini kurang efektif, sebab menguras banyak waktu dan tenaga,selain  itu  adanya  kelalaian  petani dangangguan  hewan  yang mengaikabatkan rusak dan  matinya bibit melon. Dalam mengatasi  masalah  tersebut,  maka  dibutuhkan  sebuah  teknologi yang menggunakan NodeMCU untuk sistem kendali penyiram bibit melon secara otomatis, sensor soil mousture sebagai pendeksi kelembapan, sensor PIR sebagai pendeteksi adanya hama yang akan merusak tanaman bibit melondan pemantauan dari jau dapat dilakukan menggunakan Internet of Things (IoT). Mentoring  penyiraman dan  pemantauan bibit  melon  ini memiliki  sebuah sistem yang mampu memberikan informasi kepada petani melalui aplkikasi blynk yang mana pada saat sensor soil mousture mendeteksitanah kering maka pompa akan menyala, sensor PIR sebagai pendeteksi adanya gangguan hewan yang ketika terdeteksi  maka  buzzer  akan  menyala  sekaligus informasi akan  disampaikan  ke aplikasi blink.

Author Biographies

Rukun Sihombing, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Murnianti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Prasojo, “Pembenihan Melon (Cucumis melo L.) di CV. Multi Global Agrindo Karangpandan,†2007.

A. R. Putri, Suroso, and Nasron, “Perancangan Alat Penyiram Tanaman Otomatis pada Miniatur Greenhouse Berbasis IOT,†Semin. Nas. Inov. dan Apl. Teknol. di Ind. 2019, vol. Volume 5 n, pp. 155–159, 2019.

Linda Purnama, “INTERNET OF THINGS (IoT),†2018.

K. Y.-D. Yl-, T. Elektro, U. Sam, R. Manado, and J. K. B. Manado, “Rancang Bangun Penyiram Tanaman Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor,†vol. 7, no. 3, 2018.

M. Rusli, “Metode Simpleks Dalam Pemograman Linier,†J. Teknol. Inf., vol.

Downloads

Additional Files

Published

2019-10-26

URN