Implementasi Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Infeksi Jamur Kandidiasis Dari Hewan Unggas Columba Livia Terhadap Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Eris lubis STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Darjat saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.3115

Abstract

Infeksi jamur kandidiasis  merupakan infeksi yang  disebabkan  oleh  jenis  mikroorganisme  jamur  candida  albicans.  mikroorganisme  candida  albicans ini dapat menimbulkan infeksi  predisposisi  jika terdapat  faktor  predisposisi  yang mendukung seperti kondisi imunosupresi, keganasan dan lain-lain beberapa spesies kandidiasis yang  dapat terinfeksi melalui sentuhan.  Jenis  penyakitnya  adalah  kandidiasis  mulut  (thrush)  yang menyebabkan  kemerahan  di mulut dan tenggorokan, genital wanita (candidiasis vulvovaginal ) yang menyebabkan rasa gatal yang ekstrem di vagina, kandidiasis kulit (candidiasis cutaneous) yang menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah, dan gangguan pernapasan.Berdasarkan masalah yang terjadi, dengan menggunakan sistem pakar akan dapat membantu dalam mendiagnosa penyakit infeksi jamur kandidiasis dari hewan unggas columba  livia menggunakan metode certainty factor. Metode Certainty Factor merupakan suatu metode yang membuktikan ketidakpastian pemikiran seorang pakar, dimana untuk mengakomodasi hal tersebut  seorang pakar biasanya menggunakan Certainty Factor untuk menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang dihadapi.Hasil dari penelitian  ini merupakan sebuah aplikasi berbasis website yang dapat mengimplementasikan metode certainty factor untuk memperoleh hasil diagnosa yang pasti dan tepat. Aplikasi ini nantinya akan digunakan oleh masyarakat umum untuk mendiagnosa penyakit infeksi jamur kandidiasis dari hewan unggas columba livia terhadap manusia. 

Author Biographies

Eris lubis, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Darjat saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Aldo, “Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Bawang Merah Menggunakan Metode Dempster Shafer,†Komputika J. Sist. Komput., vol. 9, no. 2, pp. 85–93, 2020.

A. R. Gunawan, J. Andjarwirawan, and Yulia, “Pembuatan Aplikasi Messenger Berbasis Android,†J. Infra, 2016.

F. Hadi and Y. Diana, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi dengan Metode Bayes,†SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 44–51, 2019.

V. Y Zulfian Azmi, “No Title,†"pengantar Sist. Pakar dan Metod., vol. 17 X 24, p. 164, 2017.

R. Saputra, “済無No Title No Title,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

Downloads

Published

2019-09-26

URN