Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Jumlah Produksi Bubuk Daun Teh Gambir Terhadap Permintaan Konsumen Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani

Authors

  • Herty Maranata Berutu Stimik Triguna Dharma Medan
  • Ishak Ishak Stimik Triguna Dharma Medan
  • Guntur Syahputra Stimik Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.3114

Abstract

Bubuk daun teh gambir merupakan salah satu bubuk teh yang terbuat dari daun teh gambir. Bubuk daun teh gambir dibuat melalui dua tahapan proses untuk memperoleh bubuk teh sesuai formula yang diinginkan, yaitu pengolahan daun gambir menjadi daun gambir kering dan pembuatan bubuk teh dari daun gambir kering. Industri Kecil Menegah Maju Bersama bergerak dalam dibidang memproduksi bubuk daun teh gambir, yang mempunyai tujuan untuk mencari keutungan  serta dapat memenuhi kebutuhan permintaan konsumen yang bekualitas. Akan tetapi pada saat memproduksi Sering mengalami ketidakpastian jumlah permintan konsumen terhadap produk bubuk daun teh gambir ini yang  mengakibatkan persedian stok produk kehabisan dan kekurangan. Oleh karena itu salah satu cara yang  bisa digunakan  untuk menyeselesaikan masalah  tersebut dengan mengembangkan sebuah aplikasi dalam sistem pedukung keputusan.        Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yaitu aplikasi interaktif berbasis komputer yang membuat sosiasi data maupun model matematis guna membantu proses pengambilan keputusan dalam mengatasi permasalahan. Sistem pendukung keputusan dapat dikembangkan dalam upaya  penentuan yang akan digunakan  dengan   metode Fuzzy Mamdani. Logika fuzzy Mamdani dapat dikategorikan sebagai sistem pendukung keputusan ketika solusi atau hasil yang diperoleh dari perhitungan logika fuzzy dapat dijadikan suatu ketupusan.        Hasil yang didapatkan dalam aplikasi berbasis desktop yang menggunakan logika fuzzy mamdani menampilkan hasil keputusan dalam menentukan jumlah produksi bubuk teh dalam bentuk laporan dengan cepat dan efisienn. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Mamdani, Produksi  

Author Biographies

Herty Maranata Berutu, Stimik Triguna Dharma Medan

Sistem informasi

Ishak Ishak, Stimik Triguna Dharma Medan

Sistem Komputer

Guntur Syahputra, Stimik Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

References

Nurmalasari and A. A. Pratama, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada PT Transcoal Pacific Jakarta," Jurnal Teknik Komputer, no. 2, pp. 48-55, 2018.

S. Komariyah, R. M. Yunus and S. F. Rodiyansyah, "LOGIKA FUZZY DALAM SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA".

Muchammad Abrori and Amrul hinung p rihamayu, "Aplikasi Logika FUZZY Metode Mamdan I Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi," 2015.

V.N Nasution, G Prakarsa "Optimasi Produksi Barang Menggunakan Logika Fuzzy Metode Mamdani," JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, pp. 129-135, 2020.

Bagus Prasetyo, Wawan Laksito Y.S. and Siswanti, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PAKET INTERNET OPERATOR TELEKOMUNIKASI DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)".

Teuku Mufizar, Teten Nuraen and Arianti Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Cogito Smart Journa, vol. Vol 33, 2017.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN