Analisis Data Mining Pengelompokkan Kasus Tindak Kejahatan Yang Terjadi Di Kecamatan Medan Polonia Dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering

Authors

  • Nadya Septiani STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Mhd Gilang Suryanata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.3106

Abstract

ABSTRACTKantor Kecamatan Medan Polonia merupakan salah satu instansi pemerintah yang bertugas melakukan pendataan di masyarakat salah satunya adalah pendataan tindak kejahatan di lingkungan Kecamatan Medan Polonia. Dimana setiap tahunnya selalu mengalami penambahan kasus walaupun tidak signifikan.  Kecamatan Medan Polonia memiliki data yang cukup lengkap mengenai tindak kejahatan namun dalam pengelompokkannya masih kurang cepat dan kurang akurat karena masih menggunakan cara manual, sehingga pihak instansi membutuhkan penerapan sebuah sistem aplikasi. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dapat menggunakan aplikasi data mining, yaitu dengan memanfaatkan data yang ada untuk menggali informasi baru. Salah satu teknik yang ada pada data mining adalah clustering. Clustering dipilih karena dapat mengelompokkan data-data sesuai dengan karakteristik yang diinginkan, dalam penelitian ini berarti mengelompokkan data tindak kejahatan di Kecamatan Medan Polonia. Adapun algoritma clustering yang digunakan adalah K-Means Clustering diintegrasikan pada aplikasi pemrograman berbasis dekstop. Kesimpulan yang diperoleh yaitu sistem yang dirancang telah terbukti berhasil mengelompokkan data tindak kejahatan menjadi 3 cluster (kelompok). Cluster 1 (cluster narkoba) terdiri dari 36 data tindak kejahatan, cluster 2 (cluster pencurian) terdiri dari 38 data tindak kejahatan dan cluster 3 (cluster perjudian) terdiri dari 26 data.    Copyright © 2021 STMIK Triguna Dharma.All rights reserved

Author Biographies

Nadya Septiani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mhd Gilang Suryanata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

REFERENSI

K. Rasdian Ningsah dan Joko Kuncoro, “PERSEPSI TERHADAP PERILAKU TINDAK KRIMINAL DITINJAU DARI KEPRIBADIAN THE BIG FIVE & STATUS HUKUM WANITA NARAPIDANA & WANITA NON NARAPIDANA,†vol. 12, no. 1, pp. 27–34, 2017.

E. Manik, “DATA MINING PENGELOMPOKAN KASUS KENAKALAN REMAJA DI KOTA BINJAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING (STUDI KASUS POLRES BINJAI),†J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 1, no. 1, 2017.

B. Harahap, “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Menentukan Bahan Bangunan Laris (Studi Kasus Pada UD. Toko Bangunan YD Indarung),†2017.

E. Sutinah et al., “Data Mining Untuk Klasifikasi Tamu Hotel Dengan Algoritma Apriori,†2019.

P. Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika, D. Akademi Perekam dan Informasi Kesehatan Iris Padang Jl Gajah Mada No, and S. Barat, “Jurnal Edik Informatika Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi.â€

Galih, “Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi Data Mining di Bidang Pendidikan untuk Analisa Prediksi Kinerja Mahasiswa dengan Komparasi 2 Model Klasifikasi pada STMIK Jabar,†vol. 2, no. 1, pp. 2654–4229, 2019.

Asmira, "Penerapan Data Mining Untuk Mengklasifikasi Pola Nasabah Menggunakan Algoritma C4.5 Pada Bank BRI Unit Anduonohu Kendari," Jurnal Sistem Komputer dan Sistem Informasi," vol. 1, no. 1, Des. 2019.

Y. Yulianti, D. Y. Utami, and N. Hikmah, “Implementasi Data Mining Menentukan Game Android Paling Diminati Dengan Algoritma Apriori,†Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 21, no. 1, pp. 29–34, Mar. 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin, and Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma FP-GROWTH Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK), vol. 5, no. 1, Feb. 2018.

J. Teknik and D. Informatika, “Implementasi Data Mining dalam Memprediksi Stok Barang Menggunakan Algoritma Apriori,†2018.

Downloads

Published

2020-02-27

URN