Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Letak Strategis Pembangunan Rumah Subsidi Type 36 Menggunakan Metode ARAS (Additive Ratio Assesment)

Authors

  • Cici Syahara STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.3101

Abstract

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap kalangan keluarga, dalam perkembangan zaman setiap hari bahkan tahunnya terus meningkat kebutuhan seseorang untuk memiliki rumah sebagai asset property permanen jangka panjang bahkan sampai dengan seumur hidup. Dari asset property tersebut maka tiap harinya harga rumah terus meningkat pesat, tidak terlepas dari vendor yang menyediakan rumah murah sebagai aspek pembangun dari kalangan masyarakat dalam mencari rumah subsidi, salah satunya dari PT. Putra Pratama Property sebagai vendor pembangunan rumah subsidi dan sebagai salah satu program kerja presiden yang diharuskan untuk membangun rumah murah bagi masyarakat. Dari pembangunan rumah tersebut masih memiliki beberapa kendala aspek pembangunan, pencarian lokasi pembangunan dan salah satunya tingkat keinganan masyarakat untuk membeli dikarenakan faktor tempat terlalu jauh dari kata baik. Dalam mengikuti keinginan target pasar yang besar dan kebutuhan lokasi pembangunan rumah subsidi yang sesuai dengan target pasar. Sistem pendukung keputusan dirancangan sendiri dan dibuat untuk membantu pemecahan masalah yang ada dalam menentukan kelayakan letak strategis pembangunan rumah subsidi type 36, agar semestinya tidak terjadi kesalahan dan ketidaktepatannya untuk menentukan lokasi pembangunan rumah subsidi yang baik dan sesuai keinginan masyarakat. Aplikasi ini sendiri mengangkat kepada metode additive ratio assesment atau ARAS.Dengan demikian hasil dari sistem yang telah dirancang, maka akan membantu pihak PT. Putra Pratama Property dalam menentukan kelayakan letak strategis pembangunan rumah subsidi type 36 yang lebih tepat, baik, dan terciptanya sistem aplikasi yang bersifat transparansi, efesien, dan akurat.Kata kunci : Rumah Subsidi, Type 36, Pembangunan, Sistem Pendukung Keputusan, ARAS

Author Biographies

Cici Syahara, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nur Yanti Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. A. N. Agung and G. Parmadi, “Implementasi Kebijakan Program Rumah Bersubsidi Di Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng,†J. Adm. Publik, vol. 3, no. 1, pp. 34–45, 2018.

Bramantyo, W. P. Tyas, and A. Argyantoro, “Aspek Kualitas Rumah Subsidi Pada Program Rumah Murah Berdasarkan Perspektif Penerima Manfaat Studi Kasus : Perumahan Subsidi Mutiara Hati Semarang,†Permukiman, vol. 14, no. 1, pp. 1–9, 2019.

P. Oktavia, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa dengan Metode Weighted Product pada SMP Negeri 1 Parung Berbasis Web,†J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 3, no. 2, p. 80, 2018.

Anas, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Desa Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†J. Sist. Inf. Dan Tek. Komput., vol. 4, no. 1, 2019.

A. S. Nadeak, “Penerapan Metode ARAS ( Additive Ratio Assessment ) Dalam Penilaian Guru Terbaik,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, vol. 2, no. 2010, pp. 571–578, 2019.

N. Yuliastuti, Asnawi, R. Haryanto, Wi. Pradoto, and Sunarti, “Sosialisasi Pendataan Perumahan Berbasis Tabungan Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),†J. Pasopati, vol. 1, no. 3, pp. 144–150, 2019.

Downloads

Published

2019-03-02

URN