Sistem Pendukung Keputusan Pengadaan Alat Kesehatan di Ruangan UGD (Unit Gawat Darurat) Dengan Menggunakan Metode Fuzzy mamdani pada Rumah Sakit Khusus Bedah ACCUPLAST

Authors

  • Fauzi Dwi Cahyono STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Dudi RahmadianSyah Sekolah Tinggi Teknik Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.3099

Abstract

Article InfoABSTRACTArticle history:Received Jun 12th, 201xRevised Aug 20th, 201xAccepted Aug 26th, 201x        Sebagai salah satu rumah sakit khusus bedah, yang diharapkan dapat memberikan layanan yang baik dalam pengadaaan alat kesehatan terhadap penggunaan alat untuk pengobatan pasien. Oleh itu rumah sakit bedah ACCUPLAST melakukan pengadaaan alat kesehatan dilakukan dengan membuat perkiraan dari banyak dan sedikitnya jumlah peralatan yang tersedia. Dalam hal ini, maka memerlukan sebuah metode yang mampu dan teruji pengadaan alat kesehatan di ruangan UGD (Unit Gawat Darurat) yang akan digunakan oleh pihatk rumah sakit khusus bedah ACCUPLAST  dengan menggunakan metode sistem pendukung keputusan yang dapat menyimpulkan hasil keputusan menggunakan konsep SPK (Sistem Pendukung Keputusan).        Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan aplikasi interaktif berbasis komputer yang mengkombinasikan data dan model matematis untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam menangani suatu masalah. Sistem pendukung keputusan digunakan untuk menentukan persoalan dalam pengadaan alat kesehatan. Metode sistem pendukung keputusan dapat mengembangkan dalam upaya dalam pengadaan alat kesehatan yang akan digunakan  dengan menggunakan metode Fuzzy mamdani.        Implementasi Metode Fuzzy mamdani merupakan salah   satu   pendekatan yang menggunakan beberapa tahapan tertentu. Beberapa model fuzzy logic banyak diterapkan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan salah satunya adalah fuzzy mamdani. Hasil implementasi metode fuzzy mamdani menghasilkan keputusan  yang tepat, cepat dan akurat Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Mamdani, Pengadaan Alat     

Author Biographies

Fauzi Dwi Cahyono, STMIK Triguna Dharma

Sistem informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dudi RahmadianSyah, Sekolah Tinggi Teknik Harapan Medan

Teknik sipil

References

REFERENSI

:. Nurmalasari And A. A. Pratama, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada Pt Transcoal Pacific Jakarta," Jurnal Teknik Komputer, No. 2, Pp. 48-55, 2018.

S. Komariyah, R. M. Yunus And S. F. Rodiyansyah, "Logika Fuzzy Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa".

D. L. Rahakbauw, " Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Untuk Memprediksi Jumlah Produksi Karet (Studi Kasus: Data Persediaan Dan Permintaan Produksi Karet Pada Ptp Nusantara Xiv (Persero) Kebun Awaya, Teluk Elpaputih, Maluku-Indonesia)," 2019.

V.N Nasution, G Prakarsa "Optimasi Produksi Barang Menggunakan Logika Fuzzy Metode Mamdani," Jurnal Media Informatika Budidarma, Pp. 129-135, 2020.

T. Mufizar, T. Nuraen And A. Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Universitas Klabat Anggota Coris, Vol. I, No. 1, Pp. 68-82, 2017.

D. Nofriansyah And S. Defit, Multi Criteria Decision Making (Mcdm), Yogyakarta: Cv Budi Utama, 2017.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN