Optimasi Pengacakan Soal Ujian Sekolah Menggunakan Metode Multiplicative Random Number Generator pada SMK Swasta Jambi Medan

Authors

  • Jepri Tigor Mangatur SMK Swasta Jambi
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • MHD Gilang Suryanata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.3098

Abstract

Simulasi merupakan sebuah tiruan dari sebuah system dinamis dengan menggunakan model komputer untuk melakukan evaluasi dan meningkatkan kinerja dari system yang ada, dengan model dan simulasi maka system akan lebih mudah dan menghasilkan output yang lebih baik.. Implementasi yang dilakukan dengan Random Naumber Generate (RNG) pada simulasi antrian dengan studi kasus di layanan kesehatan memberikan gambaran yang jelas dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis .Net Framework dan simulasi yang dilakukan menggunakan model komputer dengan durasi yang dihitung sesuai dengan model simulasi antrian yaitu dari waktu antar kedatangan,waktu kedatangan pengunjung, waktu layanan, waktu selesai pengunjung dilayani, waktu pengunjung tunggu dilayani, waktu menunggu pelanggan dan waktu proses untuk pengujung dapat digambarkan secara jelas dengan menggunakan model simulasi tersebut. Dengan bantuan model komputer, sehingga kita dapat dengan mudah untuk melakukan prediksi dari system antrian yang ada pada sebuah system sehingga memberikan kemudahan dan membawa perancang system menuju rancangan keputusan yang lebih baik lagi.

Author Biographies

Jepri Tigor Mangatur, SMK Swasta Jambi

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

MHD Gilang Suryanata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Fauziah, Ina Agustina and Septi Andryana, "Analisis Implementasi Random Number Generate (RNG) Pada Simulasi Antrian Menggunakan Aplikasi Berbasis.Net Framework," Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional, pp. 32-36, 2012.

Revandita Dini Tjahjono, Achmadi Prasita.N and Anang Aris Widodo, " Implementasi Unique Code Nominal Transfer Menggunakan Metode Linear Congruential Generator Untuk Order Deposit," FTI Universitas Merdeka Pasuruan, vol. I, no. 3, pp. 39-52, 2016.

Tadya Rahanady Hidayat, " Random Number Generator," Institut Teknologi Bandung, pp. 238-249, 2011.

Mochamad Iqbal Nashrulhaq, Cahyadi Nugraha and Arif Imran, "Model Simulasi Sistem Antrean Elevator,"Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung, vol.1, vol 2, 2014

Tari Saputri, Cahyadi Nugraha and Khuria Amila, “Model Simulasi Untuk Pergerakan Kendaraan Pada Ruang Dua Dimensi Kontinu Dengan Pendekatan Pemodelan Berbasis Agen, vol. 2, 2014.

Downloads

Published

2019-03-02

URN