Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prioritas Pengiriman Barang Di PT. Indah Logistic (Carfo) Dengan Menggunakan Metode WASPAS

Authors

  • Jacky Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i6.3096

Abstract

PT. Indah Logistic (Cargo) sudah melayani pengiriman barang sampai dengan tujuan ke seluruh Indonesia. Pertimbangan yang mendukung dengan efektif dan efisien memuat manajemen memutuskan untuk membuka kantor cabang di seluruh Indonesia, sehingga saat ini jumlah kantor cabang sudah mencapai 519 cabang peningkatan jumlah kantor cabang tentunya juga harus diimbangi dengan hadirnya tenaga kerja yang profesional, terampil dan berdedikasi tinggi namun pada PT. Indah Logistic (Cargo) masih menggunakan sistem pendataan berdasarkan urutan dan belum menerapkan sistem prioritas dalam proses pengiriman barang, sehingga kurang ketepatan dalam pengiriman tersebut menjadi salah satu kendala untuk kemajuan perusahaan dikarenakan banyaknya persaingan dari jenis usaha yang sama.Maka dari itu untuk melakukan prioritas pengiriman barang agar lebih objektif, efektif dan efisien dapat dilakukan dengan berbasis Artificial Intelligence yaitu dengan menggunakan sistem pendukung keputusan. Dalam kasus ini dapat menggunakan metode WASPAS, (Weighted Aggregated Sum Product Assesment).Hasil dari analisis menggunakan  pengetahuan Sistem Pendukung Keputusan dengan metode WASPAS dapat memberikan hasil keputusan untuk prioritas pengiriman barang pada PT. Indah Logistik

Author Biographies

Jacky Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

References

M. Ickhsan, D. Anggraini, R. Haryono, S. H. Sahir, and Rohminatin, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) Menggunakan Metode Weighted Product,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 97–102, 2018.

T. Tundo and D. Kurniawan, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment dalam Menentukan Beras Terbaik untuk Pembuatan Kue Serabi,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 4, p. 773, 2020, doi: 10.25126/jtiik.2020742309.

K. Nisa, “Metode Moora Dan Waspas Untuk Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran,†J. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, 2020.

E. A. Riyanto and T. Haryanti, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TELLER POOLING TERBAIK PADA PT. BCA Tbk. DENGAN METODE SAW (Simple Additive Weighting),†J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 128–135, 2017.

F. Savira and Y. Suharsono, “済無No Title No Title,†J. Chem. Inf. Model., vol. 01, no. 01, pp. 1689–1699, 2013

Downloads

Published

2018-09-27

URN