Penerapan Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pupuk Cair Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori Dan Frequent pattern growth (Fp Growth) Di Ud. Anugerah Tani Saribudolok

Authors

  • Esterny Intania Sihombing STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.3089

Abstract

Brastagi adalah daerah yang paling strategis dalam membangun usaha penjualan pupuk, sehingga banyak orang yang mendirikan usaha tersebut.Dimana salah satu usaha pupuk yang telah berdiri adalah usaha UD. Anugerah Tani Saribudolok. Pada saat ini, UD.Anugerah Tani Saribudolok mengalami sedikit masalah yaitu adanya penurunan penjualan. Permasalahan ini terjadi karena banyaknya usaha yang sama sehingga persaingan itu semakin berat. Sehingga UD. Anugerah Tani Saribudolok ingin membuat sebuah strategi agar dapat mengoptimalkan penjualan mereka, sehingga bisa bertahan dalam persaingan yang ada.Saat ini, usaha UD.Anugerah Tani Seribudolok tidak ada melakukan tindakan apapun atau membuat strategi apapun dalam meningkatkan penjualan mereka, usaha tersebut hanya menjalankan kegiatan penjualan seperti biasa tanpa melakukan strategi agar bisa meningkatkan lagi penjualan pupuk pada usaha mereka.Dari permasalahan di atas, maka untuk melakukan pengoptimalan penjualan pupuk  di  UD. Anugerah  Tani  Saribudolok  agar dapat  membuat sebuah strategi penjualan dengan melakukan persediaan barang berdasarkan hasil kombinasi item produk pupuk berdasarkan penjualan maka dapat dilakukan dengan menerapkan sebuah ilmu pengetahuan yaitu Data Mining. Dalam permalsahan kasus seperti ini dapat diterapkan sebuah asosiasi menggunakan algoritma Apriori dan FP-Growth.Hasil yang didapatkan dari sistem yang dibangun adalah analisis perhitungan metode Apriori dengan hasil pembentukan aturan asosiasi yang cukup baik namun proses pembentukannya cukup lama dan FP-Growth dengan hasil pembentukan aturan asosiasi dengan pembentukan aturan dengan cukup baik dan juga cepat.

Author Biographies

Esterny Intania Sihombing, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rico Imanta Ginting, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

References

L. Maulida, “Penerapan Datamining Dalam Mengelompokkan Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Unggulan Di Prov. Dki Jakarta Dengan K-Means,†JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 2, no. 3, p. 167, 2018, doi: 10.14421/jiska.2018.23-06.

C. S. Fatoni, E. Utami, and F. W. Wibowo, “Sistem Rekomendasi Produk Online Store Menggunakan Metode Apriori,†J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta, vol. 4, no. 2, pp. 20–27, 2018.

A. Maulana and A. A. Fajrin, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,†Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 27, 2018, doi: 10.20527/klik.v5i1.100.

G. Gunadi and D. I. Sensuse, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth ( Fp-Growth ) :,†Telematika, vol. 4, no. 1, pp. 118–132, 2012.

V. Vivi, F. W. Andy, and R. Siti, “Kinerja Birokrasi dalam Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang,†Ilmu Sos. dan Ilmu Polit., vol. 5, no. 1, pp. 74–85, 2016.

Downloads

Published

2020-02-27

URN