Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen Pada Data Transaksi Penjualan Di Toko Roti Mam’s Bakery Medan
DOI:
https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.3085Abstract
 ABSTRACTData mining merupakan suatu proses penambangan data dalam jumlah yang sangat besar dengan menggunakan metode statistika, matematika hingga memanfaatkan teknologi artificial intelligence terkini. Pemanfaatan data yang terkumpul tersebut sebenarnya dapat menghasilkan suatu informasi baru yang dapat dijadikan acuan pada perusahaan dalam menentukan suatu strategi bisnis. Algoritma Apriori merupakan suatu algoritma yang klasik data mining yang dapat digunakan pada komputer sehingga dapat mempelajari aturan-aturan asosiasi agar dapat mencari suatu hubungan antara satu atau lebih dari suatu item pada pola pembelian seorang konsumen dalam sutu dataset.Oleh karena itu peneliti melakukan suatu penelitian dengan menggunakan teknik data mining algoritma apriori pada objek yang akan dianalisis sehingga dapat menghasilkan pola pembelian konsumen yang terjadi pada toko roti Mam’s bakery.Data transaksi yang digunakan adalah data transaksi pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2020. Sebagai data sampel, penelitian ini berhasil mengimplementasikan teknik data mining menggunakan algoritma apriori dalam sebuah aplikasi yang akan digunakan untuk mengolah data transaksi yang tersedia, sehingga menghasilkan pola pembelian konsumen yang cenderung terjadi dari kombinasi item-item barang yang tersedia.Kata kunci : Algoritma apriori, Data mining, Data transaksi penjualan, Toko roti Mam’s Bakery.ÂReferences
S. Kasus, P. Pt, G. Gunadi, and D. I. Sensuse, “PENERAPAN METODE DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP DATA PENJUALAN PRODUK BUKU DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FREQUENT PATTERN GROWTH ( FP-GROWTH ) :,†vol. 4, no. 1, 2012.
A. Penjualan, P. T. Tiga, and R. Satria, “IMPLEMENTASI METODE DATA MINING APRIORI PADA,†vol. 17, no. 1, pp. 329–338, 2020.
V. N. Budiyasari, P. Studi, T. Informatika, F. Teknik, U. Nusantara, and P. Kediri, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan kacamata Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†Indones. J. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 31–39, 2017.
A. Y. Permana and M. M. Effendi, “Klasifikasi Opini Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Dengan Pendekatan Cross Validation Naïve Bayes,†vol. 3, 2019.
I. Purnomo and H. Mulyani, “PENJUALAN BARANG ( STUDI KASUS : TOKO ISNA KABUPATEN BINTAN ),†pp. 1–15.
A. -, F. Marisa, and D. Purnomo, “Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM,†JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2016, doi: 10.31328/jointecs.v1i1.408.
D. G. King, W. E. V. Young, A. J. Clarke, A. J. Cain, and G. W. Dimbleby, “The Lanhill Long Barrow, Wiltshire, England: An Essay in Reconstruction,†Proc. Prehist. Soc., vol. 32, pp. 73–85, 1966, doi: 10.1017/S0079497X00014341.
S. Penjualan, R. Di, and D. Rien, “No Title,†2017.