Implementasi Metode Vikor (Visekriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Skala Prioritas Pembangunan Jalan

Authors

  • Emmia Rejekinta Karo STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.3081

Abstract

Dana bantuan untuk setiap daerah tepatnya Kecamatan Medan Tuntungan selalu disalurkan dari Pemerintah. Dana bantuan ini disalurkan untuk masalah pembangunan jalan. Namun, permasalahan yang terjadi di daerah Kecamatan Medan Tuntungan dalam pembangunan jalan, memiliki beberapa kendala yaitu dengan memprioritaskan dari setiap masing-masing jalan yang ada didaerah tersebut. Akses utama yang digunakan oleh masyarakat untuk melintas saat ini adalah jalan yang saat ini mengalami kerusakan. Apabila fasilitas tersebut terlambat diperbaiki tentu saja akan berpengaruh terhadap kegiatan masyarakat, misalnya kondisi jalan menjadi macet. Sehingga, merupakan satu tugas yang berat bagi Pekerja Umum Di Kecamata Medan Tuntungan untuk dapat mengelola data dari seluruh jalan yang mengalami kerusakan. Karena penanganan terhadap perbaikan jalan tersebut sering tidak tepat sasaran karena kesalahan dalam menentukan prioritas penanganan perbaikan jalan tersebut. Padahal penentuan prioritas penanganan perbaikan jalan ini sangat penting untuk membuat tindakan penanganan yang dilakukan lebih tepat dan sesuai dengan kepentingan. Sedangkan dalam proses pembangunan jalan tidak bisa dilaksanakan secara bersamaan dikarenakan harus secara bergantian.Berdasarkan penjabaran diatas, permasalahan tersebut menyebabkan lamanya proses perencanaan pembangunan jalan serta hasil yang kurang akurat. Oleh karena itu, disarankan dalam penentuan prioritas pembangunan jalan di daerah Kecamatan Medan Tuntungan yaitu dengan Artificial Intelegent yaitu Sistem Pendukung Keputusan. Dalam kasus ini bisa menerapkan sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode Vikor (Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje) dalam memecahkan permasalahan yang terjadi.Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu Pemerintahan Daerah Kecamatan Medan Tuntungan dapat menentukan prioritas dalam pembangunan jalan berdasarkan kriteria yang digunakan

Author Biographies

Emmia Rejekinta Karo, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

A. Budiman, Y. D. Lestari, and Y. F. A. Lubis, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Pergururan Tinggi Terbaik Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting),†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

Mesran, K. Ulfa, D. P. Utomo, and I. R. Nasution, “Penerapan Metode VlseKriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje ( Vikor ) Dalam Pengangkatan Guru,†Algoritm. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 265–271, 2020.

V. Imanuwelita, R. R. M. Putri, and F. Amalia, “Penentuan Kelayakan Lokasi Usaha Franchise Menggunakan Metode Ahp dan Vikor,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 122–132, 2018.

M. H. Bagaskara and M. T. Furqon, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pemeliharaan Jalan Menggunakan Metode PROMETHEE II ( Studi Kasus : Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Ponorogo ),†vol. 2, no. 11, pp. 4654–4662, 2018.

American Journal of Sociology, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Pergururan Tinggi Terbaik Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Arief,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

Downloads

Published

2020-08-30

URN