SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UPT.PUSKESMAS SIMALINGKAR MENGGUNAKAN METODE FUZZY ASOSIATIF MEMORY

Authors

  • Rizki Amalia Marpaung Stmik Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin Stmik Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.3080

Abstract

        Para pimpinan puskesmas yang bergerak di bidang pelayanan pasien yang buruk dan mengalami kesulitan dalam meningkatkan mutu pelayanan pasien puskesmas Simalingkar yang akibatnya, mereka cenderung membuat keputusan strategis yang berhubungan dengan kualitas pelayanan. Oleh karena itu, perlu dibuat suatu sistem pendukung keputusan yang membantu para pimpinan puskesmas tersebut dalam menentukan keputusan pengukuran tingkat kepuasan. Dalam hal ini, maka memerlukan sebuah keilmuan yang teruji dalam menetukan pengukuran tingkat kepuasan pasien klinik rumah sakit yang akan digunakan adalah sistem pendukung keputusan.        Sistem Pendukung Keputusan (Sistem pendukung keputusan) merupakan aplikasi interaktif berbasis komputer yang mengkombinasikan data dan model matematis untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam menangani suatu masalah. Dengan adanya suatu sistem pendukung keputusan yang ditujukan untuk melakukan pengambilan keputusan atau pemecahan persoalan  dalam menentukan pengukuran tingkat kepuasan pasien dan menentukan pengukuran tingkat kepuasan pasien yang akan digunakan yang dapat mengembangkan dalam upaya dalam menetukan kepuasan pelayanan pasien  yaitu dengan menggunakan metode Fuzzy Asosiatif Memeory.  Hasil yang didapatkan menentukan pengukuran tingkat kepuasan pasien yang akan digunakan dalam bentuk aplikasi berbasis desktop dapat menampilkan dengan akurat dan cepat ataupun lebih efisien yang ditampilkan oleh sistem. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Asosiatif Memeory, Tingkat Kepuasan  

Author Biographies

Rizki Amalia Marpaung, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azanuddin Azanuddin, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Z. Hakim, A. R. Mariana And N. Safitri, "Sistem Pendukung Keputusan Kepuasan Pelanggan Di Minimarket Dengan Menggunakan Metode SAW," JURNAL SISFOTEK GLOBAL, Vol. VIII, No. II, Pp. 112-116, 2018.

D. Andreswari, "Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Tanaman Obat Herbal Untuk Berbagai Penyakit Dengan Metode Roc (Rank Order Centroid) Dan Metode Oreste Berbasis Mobile Web," INFORMATIKA, Vol. 12.No2, 2016.

T. M. K. Situmorang And A. , "Implementasi Fuzzy Associative Memory (FAM) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan (RSU) Martha Friska Multatuli Medan," Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD, Vol. III, No. 1, Pp. 70-77, 2020.

L. Lumbantoruan, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Jumlah Produksi Sarung Tangan Karet Berdasarkan Permintaan Pada PT. Shamrock Manufacturing Corpora,"2018.

T. Mufizar, T. Nuraen And A. Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Universitas Klabat Anggota CORIS, Vol. I, No. 1, Pp. 68-82, 2017.

M. Dahria, S. Arief, I. Santoso And R. Kustini, "Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Customer Terhadap Pelayanan Jasa Kebersihan Di PT. SAS Menggunakanmetode Fuzzy Asosiative Memory," Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD, Vol. III, No. 1, Pp. 1-11, 2020.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN