Implementasi Sistem Pakar Memprediksi Kerusakan Mesin Cetak Sm 52 4 Warna Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer Pada Perusahaan CV.Asco Jaya

Authors

  • Chandra Widjaya Fahmi Chandra Stmik Triguna Dharma
  • Ishak Ishak Stmik Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.3077

Abstract

CV.Asco Jaya Cetak merupakan perusahan bagian percetakan yang menghasilkan produk brosur, kalender, stiker, spanduk, baner, buku, kemasan, kop surat, kartu nama,  poster dan berhubungan dengan percetakan. Mesin yang perusahaan menggunakan adalah mesin cetak sm 52 4 warna yang menghasilkan dengan kualitasnya yang baik. Dalam CV. Asco Jaya memiliki sebuah masalah yang terdapat pada kerusakan mesin cetak sm 52 4 warna dan membutuhkan waktu yang lama dalam perbaiki dikerenakan memanggil sebuah pakar membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan biaya mahal dalam memperbaiki sparet part pada bagian mesin. Permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat mendeteksi kerusakan mesin dan solusi keilmuan yang digunakan adalah sistem pakar.        Sistem pakar merupakan salah satu bidang teknik dari kecerdasan buatan yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja para pakar dan sebuah sistem yang dapat menggantikan peran pakar tersebut. Maka sistem yang dibangun dengan menggunakan metode dempster shafer untuk mendapatkan hasil deteksi kerusakan mesin cetak sm 52 4 warna.        Hasil dari solusi diatas dibangun sebuah aplikasi sistem pakar untuk  mendeteksi kerusakan mesin cetak sm 52 4 warna dengan menggunakan metode Dempster Shafer yang diharapkan dapat membantu perusahaan CV.Asco Jaya secara cepat dan akurat menampilkan solusi perbaikan yang diberikan.

Author Biographies

Chandra Widjaya Fahmi Chandra, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ishak Ishak, Stmik Triguna Dharma

Sistem Komputer

Widiarti Rista Maya, Stmik Triguna Dharma

Sistem Iformasi

References

Verry, "Perhitungan Rekonsiliasi Pajak Penghasilan Terutang Berdasarkan Peraturan Perpajakan Dan Psak No 46 Pada Pt Cipta Elektrik Kreasindo Medan," Jurnal Ilmiah Smart, Vol. II, No. 2549-5836, Pp. 60-72, 2018.

E. Lestari And E. U. Artha, "Sistem Pakar Dengan Metode Dempster Shafer Untuk Diagnosis Gangguan Layanan Indihome Di Pt Telkom Magelang," Khazanah Informatika, Vol. III, No. 2477-698X, Pp. 16-24, 2017.

D. Purnomo, B. Irawan And Y. Brianorman, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, Vol. V, No. 2338-493X, Pp. 45-55, 2017.

L. Putri, "Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Roseola Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), Vol. I, No. 2, 2020.

P. Ramadhan, "Penerapan Euclidean Probability Dalam Pendeteksian Penyakit Impetigo," CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), Vol. IV, No. 1, 2019.

D. Aldo, S. Putra, “Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Bawang Merah Menggunakan Metode Dempster Shaferâ€, Vol. IV. No.1, 2019.

Downloads

Published

2019-01-30

URN