Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Quick Truck Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Geofany Panggabean STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.3071

Abstract

Quick Tractor banyak digunakan oleh masyarakat yang berprofesi sebagai petani sawit dan jagung. Namun penguna pemula dan para awam sering kali mengalami kesulitan dalam menentukan kerusakan yang terjadi pada unit mereka. Belum lagi tentang adanya kerusakan yang terjadi secara mendadak pada unit Quick truck yang kurang pengetahuan untuk menanganinya sehingga sering terjadi kerusakan yang lebih fatal. Kerusakan yang terjadi pada umumnya dapat diidentifikasi oleh ahli dibidangnya dengan melihat ciri-ciri kerusakan yang terjadi. Namun, kelemahan menggunakan jasa ahli, terkadang tenaga ahli bekerja ke luar kota sehingga ketika pemilik Quick truk tiba di lokasi bengkel maka perbaikan Quick truk harus menunggu lama hingga datangnya tenaga ahli tersebut. Untuk mengatasi masalah yang dijelaskan diatas, salah satunya dengan membangun sistem pakar. Dengan adanya bantuan teknologi komputer sistem pakar ini diharapkan dapat membantu mempermudah dalam mendeteksi gejala kerusakan Quick Truck. Untuk mendeteksi gejala kerusakan Quick Truck.Sistem pakar ini menggunakan metode Dempster Shafer dalam penalaran gejala kerusakan sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan hasil deteksi. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah sistem yang dapat mendeteksi kerusakan kambing etawa. Sehingga dengan adanya sistem pakar ini bisa mempermudah user mendapatkan informasi tentang gejala dan kerusakan Quick Truck. Sehingga dapat membantu user dalam menemukan saran dan solusi terhadap kerusakan Quick Truck yang terjadi. 

Author Biographies

Geofany Panggabean, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Firahmi Rizky, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

Muhammad Nizar, Fitri Marisa, "Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mesin Truck Dutro Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web," Jurnal WIDYA TEKNIKA, vol. 26, no. 2, 2018.

Jurusan Teknik Elektro et al., "SISTEM PAKAR KERUSAKAN HARDWARE KOMPUTER DENGAN METODE BACKWARD CHAINING BERBASIS WEB Yenita Wijayana," Media Elektrika, vol. 12, no. 2, 2019.

Reza Setiawan, Cucu Suhery, and Syamsul Bahri, “Implementasi Metode Dempster Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosa Infeksi Penyakit Tropis Berbasis WEB,†Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. 6, no. 3, 2018.

Febby Kesumaningtyas, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Demensia Menggunakan Metode Forwart Chaining Studi Kasus (Di Rumah Sakit Umum Padang Panjanng),†Jurnal Edik Informatika, 2017.

Istiadi, Emma Budi Sulistiarini, Rudy Joegijantoro, and Dedi Usman Effendy, "Infectious Disease Expert System Using Dempster Shafers With Recommendations for Health Services," Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 17-27, Feb. 2020.

Rusmin Saragih, Denny Jean Cross Sihombing, and Elvika Rahmi, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kelapa Sawit Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Web," Journal of Information Technology and Accounting, vol. I, no. 1, pp. 2614-4484, 2018.

Ni Wayan and Ari Ulandari, "Implementasi Metode ID3 Untuk Mendeteksi Penyakit Tanaman Manggis Berbasis Android," 2018.

Downloads

Published

2020-01-30

URN