Sistem Pakar Untuk Memprediksi Pasien-Pasien Chronic Kidney Disease Yang Akan Menjalani Hemodialisa Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Rini Lestari Ritonga Sistem Informasi
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.3056

Abstract

Chronic Kidney Disease (penyakit ginjal kronik) merupakan gangguan fungsi renal yang progresif sehingga dapat mengganggu keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh yang berdampak pada semua sistem tubuh. Penyakit ginjal kronik saat ini menjadi salah satu penyakit yang banyak terjadi dan menjadi perhatian di dunia termasuk di Indonesia. Jumlah pasien pada penyakit ini sangat banyak dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Dan untuk mengetahui keadaan tersebut biasanya masyarakat melakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit atau Dokter. Namun hal ini tidak semua orang dapat melakukannya, hal ini dapat dikarenakan faktor perekonomian yang kurang mencukupi ataupun jarak yang jauh untuk mendatangi Dokter, terdapat pula kelemahan setiap jam kerja praktek Dokter yang terbatas. Oleh karena itu diperlukan inovasi dan solusi dalam kondisi tersebut, yaitu dengan memanfaatkan teknologi komputer untuk membangun sistem pakar yang memiliki kemampuan selayaknya seorang dokter.

Author Biographies

Dedi Setiawan, STMIK Triguna Dharma

Teknik Informatika

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Teknik Informatika

References

Y. Hasneli, “Hubungan Lama Menjalani Hemodialisis dengan Inter-Dialytic Weight Gain ( IDWG ) pada Pasien Hemodialisis Long-Term Relationship In Hemodialysis With Inter-Dialytic Weight Gain ( IDWG ) On Hemodialysis Patients,†vol. 5, hal. 242–248, 2017.

Y. D. Advistasari, “Cost Of Illness Perawatan Pasien Gagal Ginjal KronikDi Instalasi Rawat Inap Rsi Sultan Agung Semarang,†2019.

“[email protected].â€[Daring].Tersediapada: https://www.alodokter.com/gagal-ginjal-kronis.

B. A. B. Ii, , hal. 8–25, 2005.

“sistem-pakar-penyelesaian-metode_64 @ ariecandra02.blogspot.com.†[Daring]. Tersedia pada: http://ariecandra02.blogspot.com/2017/05/sistem-pakar-penyelesaian-metode_64.html.

B. dan Suhartono, “Sistem Pakar Online..., Rahadian Amin, Fakultas Teknik UMP, 2017,†hal. 2017, 2014

Downloads

Published

2020-01-27

URN