Decision Support System Selection Multivitamin Pada Felis Catus Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)

Authors

  • Muhammad Afdu Bahana Rangkuti STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.3046

Abstract

Felis catus atau kucing Persia merupakan sejenis hewan karnivora memiliki banyak peminat dan penggemarnya, untuk menjaga kesehatan kucing yang baik agar kucing tidak mudah di serang oleh penyakit memelihara kucing harus lebih memperhatikan multivitamin pada kucing. Namun memilih multivitamin yang tepat untuk menambah nafsu makan kucing Persia dengan usia 6 bulan sampai 2 tahun ini tidak dapat dilakukan secara manual harus dilkukan penelitian kelayakan dan menimbang berbagai kriteria secara sistem yang terkomputerisasi agar tidak berdampak buruk pada kucing. Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas yaitu dengan membangun suatu decision support system selection multivitamin pada felis catus menggunakan metode multi-objective optimization on the basis of ratio analysis (MOORA). Hasil yang diperoleh dari permasalahan yang telah dianalisa pada utdp klinik kesehatan hewan medan johor. Adalah sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam memberikan solusi atau penyelesaian tentang menentukan multivitamin untuk menambah nafsu makan kucing persia usia 6 bulan sampai 2 tahun.

Author Biographies

Muhammad Afdu Bahana Rangkuti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Saryoko and Y. A. Putri, “Penerapan Metode Inferensi Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Penyakit Kulit Pada Kucing,†J. Pilar Nusa Mandiri, vol. XII, no. 1, pp. 91–101, 2016.

B. Anatomi, “Pengaruh Pemberian Vitamin A , B 12 , C dan Kombinasi Ketiganya Melalui Drinking Water Terhadap Panjang dan Bobot Tulang Femur , Tibia dan Tarsometatarsus Puyuh ( Coturnix coturnix japonica L .) * Erik Setiawan , * Koen Praseno , * Siti Muflichatun Mardia,†pp. 36–44.

A. Arni and R. Kuswandhie, “Pembukaan Jaringan Trayek Angkutan Kota Dengan Metode SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING Sistem Informasi , STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau Jalan Yos Sudarso No 97 A Kota Lubuklinggau , Sumatera Selatan,†vol. 0, no. 01, pp. 29–36, 2019.

S. Saliman, “Mengenal Decision Support System (DSS),†Efisiensi - Kaji. Ilmu Adm., vol. 10, no. 1, 2015, doi: 10.21831/efisiensi.v10i1.3971.

S. Wardani, I. Parlina, and A. Revi, “Analisis Perhitungan Metode Dalam Pemilihan Supplier Bahan Bangunan Di Toko Megah Gracindo Jaya InfoTekJar ( Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan ),†J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 3, no. 1, pp. 95–99, 2018.

Downloads

Published

2019-09-26

URN