Penyiraman Otomatis Pada Bibit Kopi Ateng Menggunakan Sensor Kelembaban Tanah Berbasis Arduino Uno

Authors

  • Badia Pardosi STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.3040

Abstract

Kopi ateng merupakan sebuah jenis kopi yang banyak dibudidayakan atau ditanam oleh sebagian penduduk Indonesia. Umumnya kopi ini terlihat mungkin namun memiliki sistem batang yang rapat, walaupun tergolong sedikit pendek dari jenis kopi lainnya namun memiliki buah yag cukup lebat. Saat pembibitan kopi ateng diperlukan penyiraman yang teratur agar pertumbuhan dapat berlangsung dengan baik. Dimasa sekarang ini penyemprotan bibit kopi masih menggunakan cara yang manual atau mengunakan tenaga manusia secara langsung dalam hal pembibitannya. Seperti halnya di perkampungan yang masih menggunakan cara sederhana dalam penyiraman bibit kopi,dimana saat ingin menyiram tanaman bibit kopi masih dengan cara tradisonal yang diwariskan secara turun temurun.Dengan adanya faktor tersebut maka diperlukan penyiraman otomatis yang mana dengan adanya alat ini penyira.dengan adanya alat ini kelembaban tanah akan terdeteksi dengan menggunakan sensor soil moisture dengan menggunakan metode pwm yang mana alat ini akan bekerja dengan berbasis aduino uno sebagai proses utama pengendali sistem, yang dirangkai dengan komponen input dan output sistem berupa sensor kelembaban tanah soil moisture, motor dc, adaptor dengan menggunakan teknik pwm.Sehingga kemungkinan sistem dapat menyiram dengan otomatis pada tanaman bibit kopi ateng sehingga dapat mempermudah para petani dalam proses pebibitan kopi ateng.

Author Biographies

Badia Pardosi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informatika

References

D. N. Rokhmah, D. Pranowo, B. Penelitian, and T. Industri, “Empat Kultivar Kopi Arabika Early Identification of Morpo-Physiological Traits Divergence Among Four,†vol. 6, no. November, pp. 119–126, 2019.

U. M. Dosen Elektro, “Kegiatan Belajar 6 Pwm ( Pulse Width Modulation ),†2016, [Online]. Available: http://elektro.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/04/Elektronika-Daya-Jobsheet-6-PWM.pdf.

L. Belakang, “Budidaya Kopi,†vol. 3, no. 2504, pp. 1–9, 2015.

B. A. B. Ii and L. Teori, “Dimana Kita Dapat Mengontrol Durasi Sinyal.â€

ALEX ARIFANDI, “STUDI PENGGUNAAN CATU DAYA METODE PWM (PULSE WIDTH MODULATION) 2 PULSA BERBEDA 180 PADA LAMPU LED (LIGHT EMITTING DIODE),†TUGAS AKHIR, vol. 126, no. 1, pp. 1–7, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2022-02-28

URN