Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit pada Anjing dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Penulis

  • Lamasi Windasari Pasaribu STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.3030

Abstrak

Penyakit kulit pada anjing merupakan penyakit yang paling sering ditemukan oleh para ahli hewan. Dampak penyakit kulit pada anjing dapat mengganggu secara estetika, mengakibatkan  infeksi bahkan kematian apabila dibiarkan secara terus-menerus. keterbatasan jumlah dokter hewan yang ada di Indonesia dibandingkan dengan jumlah kasus penyakit kulit pada anjing,serta ketidaktahuan manusia dalam mengidentifikasi penyakit kulit pada ajing, menjadi alasaan dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu dalam proses diagnosis penyakit kulit pada anjing. Di dalam Sistem Pakar ada banyak Metode yang digunakan salah satunya adalah metode Teorema Bayes. Teorema Bayes digunakan untu menghitung suatu keputusan dan informasi yang tepat dan berdasarkan observasi yang telah dilakukan. Sistem pakar dapat menggantikan peran seorang pakar yang prinsip kerjanya dapat memberikan hasil yang pasti, seperti yang dilakukan oleh seorang pakar. Dari penelitian ini menghasilkan aplikasi sistem yang dapat membantu Dokter   dalam penanganan masalah pada penyakit kulit anjing. Dengan konsep sistem pakar yang merupakan sebuah program yang mampu menganalisis permasalahan dan menghasilkan kesimpulan dengan adanya proses pemindahan pengetahuan ahli ke dalam sistem.

Biografi Penulis

Lamasi Windasari Pasaribu, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nur Yanti Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Referensi

C. J. Kelung, A. S. M. Lumenta, T. Informatika, and U. S. Ratulangi, “MANADO,†pp. 1–7.

P. H. Kristyanto and O. Suria, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Anjing Ras Dengan Metode Expert System for Diagnosting Dog Skin Diseases Using Bayes Method,†pp. 11–20.

M. ko. Azmi, Zulfian, S.T. and S. K. M. K. verdi, Yasin, PENGANTAR SISTEM PAKAR DAN METODE. 2019.

P. Studi Sistem Informasi and S. Triguna Dharma, “SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT ANEMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE * Trinanda Syahputra #1 , Muhammad Dahria #2 , Prilla Desila Putri #3,†Saintikom, vol. 16, no. 3, pp. 284–294, 2017.

Y. J. Perdana, L. Karlitasari, D. K. Utami, S. Pakar, P. K. Tanah, and

T. Bayes, “PENERAPAN METODE PADA IDENTIFIKASI PENYAKIT KACANG TANAH,†2017.

Diterbitkan

2020-06-29

Terbitan

Bagian

Articles

URN