Penerapan Sistem Pakar dalam Mendiagnosa Ayam Petelur Produktif Menggunakan Metode Teorema Bayes pada UD. Kilang Tambunan

Authors

  • Anita Veronika Sari Tambunan STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.3027

Abstract

Ayam petelur merupakan salah satu ternak yang cukup potensial di Indonesia. Peran ayam petelur produktif yang sangat penting dalam peternakan ayam, membuatnya sangat rentan dicari oleh para peternak-peternak kecil. Ditambah lagi dengan minimnya pengetahuan serta terbatasnya sumber informasi mengenai ayam petelur produktif menyebabkan kesadaran pemilik peternakan untuk mengetahui ciri-ciri ayam petelur yang produktif masih rendah. Dari permasalahan tentang mendiagnosa Ayam Petelur Produktif, ada suatu bidang ilmu yang dapat menangani permasalahan tersebut yaitu sistem pakar dengan menggunakan metode Teorema Bayes. Sistem pakar merupakan sistem yang mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar dapat membantu menyelesaikan masalah yang biasanya dilakukan oleh seorang pakar. Dari penelitian ini menghasilkan aplikasi sistem yang dapat membantu Peternak dalam menyelesaikan masalah pada ayam petelur produktif. Dengan konsep sistem pakar yang merupakan sebuah program yang mampu menganalisis permasalahan dan menghasilkkan kesimpulan dengan adanya proses pemindahan pengetahuan ahli ke dalam sistem.

Author Biographies

Anita Veronika Sari Tambunan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

T. Setiawati, R. Afnan and N. Ulupi, "Performa Produksi dan Kualitas Telur Ayam Petelur pada Sistem Litter dan Cage dengan Suhu Kandang Berbeda Productive Performance and Egg Quality of Layer in Litter and Cage System with Different Temperatures," 2016.

I. P. S. Diki Arisandi, "Sistem Pakar dengan Fuzzy Expert System," Gracias Logis Creative, vol. 01, no. ISBN 978-623-95994-5-4, p. 80, 2021.

I. Russari, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT BATU GINJAL MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES," JURNAL RISET KOMPUTER (JURIKOM), vol. III, no. ISSN: 2407-389X, p. 18, 2016.

A. J. F. Purb, "Perbandingan Metode Bayes Dan Certenty Factor Pada Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Varisela Pada Anak-Anak," Health and Contemporary Technology Journal, vol. I, no. ISSN 2722-0885, pp. 20-25, 2020.

M. D. P. D. P. Trinanda Syahputra, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT ANEMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES," JURNAL ILMIAH SAINTIKOM, vol. 16, no. ISSN : 1978-6603, pp. 284-294, 2017.

Y. M. A. Z. S. S. K. M. K. V., PENGANTAR SISTEM PAKAR DAN METODE, MEDAN: MITRA WACANA MEDIA, 2019.

H. T. Sihotang, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN JAGUNG DENGAN METODE BAYES," Journal Of Informatic Pelita Nusantara , vol. III, no. e-ISSN 2541-3724, pp. 17-22, 2018.

Downloads

Published

2019-09-26

URN