Implementasi Data Mining Untuk Pengelompokkan Data Member Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) Menggunakan Algoritma K-Means

Authors

  • Indah Sari STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Purwardi Purwardi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.3021

Abstract

        Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) di Pancur Batu berupa kegiatan pemberian permodalan bagi kelompok perempuan yang memilki kegiatan simpan pinjam. Adapun masalah dalam pemberian peminjaman modal bagi aggota member SPP . Dengan anggota member SPP, dapat dikelompokan pemberian peminjaman modal usaha berdasarkan data member menjadi nilai tengah, untuk mengklasifikasikan member yang menerima bantuan tersebut. Maka sistem yang di butuhkan dengan keilmuan data mining.        Penerapan Data mining telah banyak digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan, salah satunya adalah menggunakan Data mining untuk penentuan dalam pengelompokan yang layak menerima pinjaman dana modal usaha khusus perempuan. Data mining pada kasus pengelompokkan data member simpan pinjam kelompok perempuan adalah K-Means Clustering. Penerapan algoritma Clustering telah digunakan dalam berbagai kasus pengelompokan data seperti yang digunakannya K-Means Clustering untuk peminjaman moda dalam mengelompokkan data member simpan pinjam kelompok perempuan (SPP).        Sistem yang dirancang dan dibangun menggunkan keilmuan data mining dengan algoritma k-means. Dari sistem tersebut mendapatkan hasil yang maksimal dan mengelompokkan data member simpan pinjam kelompok perempuan (SPP) dengan menggunakan algoritma k-means yang lebih efisien maupun efektif.

Author Biographies

Indah Sari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwardi Purwardi, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

M. Benri, H. Metisen and S. Latipa, "ANALISIS CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE K-MEANS DALAM PENGELOMPOKKAN PENJUALAN PRODUK PADA SWALAYAN FADHILA," 2015.

I. Parlina, A. Perdana Windarto, A. Wanto, M. Lubis, D. Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar and D. A. STIKOM Tunas Bangsa JlJendral Sudirman Blok No, "MEMANFAATKAN ALGORITMA K-MEANS DALAM MENENTUKAN PEGAWAI YANG LAYAK MENGIKUTI ASESSMENT CENTER UNTUK CLUSTERING PROGRAM SDP," 2018.

K. Fanny Irnanda, A. Perdana Windarto, I. Sudahri Damanik and I. Gunawan, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Penerapan K-Means pada Proporsi Individu dengan Keterampilan (Teknologi Informasi dan Komunikasi) TIK Menurut Wilayah, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018.

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, p. 192.

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara and K. Bengkulu, "PENERAPAN METODE CLUSTERING K-MEANS DALAM PENGELOMPOKAN PENJUALAN PRODUK," 2016.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN