Sistem Pakar Mendiagnosa Gangguan Mental Dan Fisik Akibat Virus Covid 19 Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Jhon Togu Sinaga STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i12.3012

Abstract

        Banyak orang tidak memperhatikan kesehatan mental mereka dan orang-orang di sekitar mereka sehingga hidup mereka tidak lagi bisa diselamatkan. Salah satu akibat dari virus covid 19, mengakibatkan depresi karena ekonomi atau penurunan drastis dan hingga bunuh diri. Dari pemasalahan tersebut, maka membutuhkan suatu sistem yang dapat mendiagnosa penyakit gangguan mental dan fisik virus covid 19 dan sistem yang dapat mendiagnosa penyakit adalah sistem pakar. Penyakit yang terjadi gangguan mental dan fisik akibat virus Covid 19 yang seharusnya dilakukan penanganan dan dapat mencegah gangguan mental fisik lemah. Sistem pakar adalah Teknik kecerdasan buatan yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan cara kerja para pakar. Maka metode yang dapat dibangun yaitu metode Teorema bayes. Membangun sebuah sistem cerdas yang mampu melakukan pendiagnosaan dengan mengakuisisi serta mengumpulkan pengetahuan ahli atau pakar yang kemudian menerapkan Teorema bayes yang nantinya akan menghasilkan nilai probabilitas berdasarkan gejala gangguan mental dan fisik akibat virus covid. Kata Kunci: Sistem Pakar, Teorema Bayes, Mental Fisik

Author Biographies

Jhon Togu Sinaga, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

G. Putri, " Sistem Pakar Diagnosa Mental Ilness Psikosis dengan Menggunakan Metode Certainty Factor," JURNAL INOVTEK POLBENG, 2018.

D. Purnomo, B. Irawan And Y. Brianorman, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, Vol. V, No. 2338-493X, Pp. 45-55, 2017.

A. Riadi, "Penerapan Metode Teorema bayes Untuk Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Diabetes Melitus Pada Rsud Bumi Panua Kabupaten Pohuwato," ILKOM Jurnal Ilmiah, Vol. IX, No. 3, Pp. 309-316, 2017.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan and M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

S.Nurjannah , "Gangguan Mental Emosional Pada Klien Pandemi Covid 19 Di Rumah Karantina",Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2020.

Downloads

Published

2022-07-12

URN