Decision Support System Dalam Merekrut Medical Representative di PT. Kalbe Farma, Tbk Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Erisca Phyesna Damanik STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.3008

Abstract

Dalam suatu perusahaan farmasi dari yang namanya sumber daya manusia, yang menjadi sumber daya manusia di perusahaan industry farmasi disebut dengan Medical Representative  khususnya di PT.Kalbe Farma,Tbk. Akan tetapi proses merekrut Medical Representative  masih dilakukan secara manual sehingga pada saat penentuan Medical Representative  yang akan  diterima tidak sesuai dengn standar dari operasional perusahaa., maka dari itu pemilihan Medical Representative  sering mengalami kurangnya efisien dan efektifitasnya.Untuk membantu agar proses pemilihan Medical Representative yang lebih baik kedepannya, maka dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang merupakan sistem berbasis komputer sehingga dapat membantu mendukung sebuah keputusan yang dihasilkan melalui dukungan metode WASPAS dengan menentukan nilai tertinggi, maka prioritas Medical Representative  yang paling tinggi akan didapat. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, Sistem Pendukung Keputusan berhasil dibangun guna membantu masalah untuk menentukan Medical Representative  yang akan diterim di PT.Kalbe Farma,Tbk,. Sehingga Medical Representative  yang diprioritaskan sesuai dengan kemampuans yang dimiliki.

Author Biographies

Erisca Phyesna Damanik, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saniman Saniman, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

R. Wulandari, “Modal Sosial Medical Representative Perusahaan Farmasi Di Kota Madiun,†Paradigma, vol. 5, no. 3, pp. 1–6, 2017.

P. Sugiartawan, H. Rowa, and N. Hidayat, “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Menggunakan Metode Profile Matching,†vol. 1, no. 2, pp. 97–108, 2018.

H. Purbasari and A. Veno, “ANALISIS PENGARUH SALES TRAINING TERHADAP EFEKTIVITAS PENJUALAN DENGAN DIMEDIASI KINERJA PENJUALAN ( MEDICAL REPRESENTATIF ),†vol. 3, no. 1, pp. 11–24, 2019.

M. Handayani, “Sistem pendukung keputusan penentuan penerimaan raskin di menggunakan metode topsis,†vol. 1, pp. 54–60, 2017.

S. Barus, V. M. Sitorus, D. Napitupulu, M. Mesran, and S. Supiyandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018.

Downloads

Published

2019-06-25

Issue

Section

Articles

URN