Implementasi Data Mining Dalam Menganalisa Pengaruh Kwalitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Dengan Algoritma K-Means

Authors

  • lestana Sari Anggrini Aritonang Sistem Informasi
  • Purwadi Purwadi Manajemen Informatika
  • Fifin Sonata Manajemen Informatika

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.2979

Abstract

ABSTRACTOriflame merupakan perusahaan yang bergerak dalam perawatan kecantikan yang pemasaran kecantikan yang pemasaran produknya dengan cara sistem Multi Level Marketing (MLM). Kualitas produk dan citra merek ini mempengaruhi persepsi konsumen. Karena dengan adanya persepsi yang positif terhadap suatu produk, maka minat beli konsumen pun akan tinggi. Hal itu berpengaruh secara langsung terhadap volume penjualan produk per tahun. Namun pihak dari oriflame mengalami permasalahan dalam melakukan pengelompokkan atau pengclusteran dari pengaruh kwalitas produk terhadap minat beli produk oriflameMelihat permasalahan tersebut maka diperlukan pengelompokkan data pengaruh kwalitas produk terhadap minat beli produk oriflame, dengan sebuah aplikasi data mining menggunakan metode k-means. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis dekstop dengan menerapkan metode k-means untuk mengelompokkan data pengaruh kwalitas produk terhadap minat beli produk oriflame menjadi tiga cluster. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan pengelompokkan data pengaruh kwalitas produk terhadap minat beli produk oriflame secara sistematis, sehingga dapat dilakukan penyesuain volume penjualan produk dengan tepat sesuai dengan hasil dari clusternya.Kata Kunci : Data Mining, K-Means pengaruh kwalitas produk terhadap minat beli.

Author Biographies

lestana Sari Anggrini Aritonang, Sistem Informasi

Stmik Triguna Dharma

Purwadi Purwadi, Manajemen Informatika

Stmik Triguna Dharma

Fifin Sonata, Manajemen Informatika

Stmik Triguna Dharma

References

K. Produk, D. A. N. Harga, S. Kasus, M. Fakultas, and B. Jurusan, “Produk Oriflame,†Anal. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Prod. Oriflame, no. 1, p. 75, 2012.

E. Prasetyo, DATA MINING Mengelolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab, I. yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2014.

oanhosting.com/blog/apa-itu-data-mining/ (accessed Mar. 17, 2020).

B. INTERMEDIA, “JAGOAN HUSTING.com/blog/ Apa-itu-data-mining,†2020. https://www.jagoanhosting.com/blog/apa-itu-data-mining/ (accessed Mar. 17, 2020).

E. Prasetyo, DATA MINING Mengelolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab, I. yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2014.

E. Prasetyo, DATA MINING Mengelolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab, I. yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2014.

S. Arifin, “Penerapan Metode K-Means Clustering pada Penjualan Unit Sparepart di PT. HEXINDO ADI PERKASA TBK,†J. TIKomSiN, vol. Vol. XX, N, no. August, pp. 1–8, 2019.

G. Booch, “Unified modeling language,†Perform. Comput. Rev., vol. 14, no. 13, pp. 3–5, 1996, doi: 10.4018/jdm.2001010103.

Michael Kharisma Hutauruk, “UML DIAGRAM: USE CASE DIAGRAM,†2020, [Online]. Available: https://socs.binus.ac.id/2019/11/26/uml-diagram-use-case-diagram/.

Wikipedia, “Diagram alir Simbol-Simbol Jenis-Jenis Diagram Alir,†pp. 7–8, 2016, [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Diagram_alir.

M. V. Studio et al., “Microsoft Visual Studio,†pp. 1–11, 2016.

Downloads

Published

2018-08-27

URN