Penerapan Data Mining Dalam Membentuk Segmentasi Distributor Pada Pelayanan Kosmetik Sari Ayu Dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering

Authors

  • Indry Aulia Br Pohan STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.2972

Abstract

Perusahaan Kosmetik Sari Ayu adalah perusahaan yang menjual berbagai produk kecantikan dan kosmetik wanita. Perusahaan memiliki masalah dengan layanan dan membutuhkan strategi untuk mengklasifikasikan data untuk memberikan strategi layanan terbaik. Oleh karena itu, pemberian strategi dapat meningkatkan evaluasi pelanggan dan karyawan yang baik. Masalahnya adalah bahwa sistem dapat dengan cepat dan efektif diklasifikasikan ke dalam data. Diantara keilmuan yang lain, Data mining adalah solusi untuk mengklasifikasi data secara akuran dan tepat. Penerapan Data mining telah banyak digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan, salah satunya adalah menggunakan Data mining untuk pengelompokkan data membentuk segmentasi distributor pada pelayanan di Kosmetik Sari Ayu. Oleh sebab itu sistem yang dirancang dan dibangun menggunakan keilmuan data mining dengan algoritma k-means clustering. Sistem tersebut mendapatkan hasil yang maksimal dan mengelompokkan data untuk pengelompokkan data membentuk segmentasi distributor pada pelayanan di Kosmetik Sari Ayu dengan menggunakan algoritma k-means clustering yang lebih efisien maupun efektif.

Author Biographies

Indry Aulia Br Pohan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

S. S. Helma, M. R. R. R and E. Normala, "Clustering pada Data Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kota Pekanbaru Menggunakan Algoritma K-Means," Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI, vol. I, no. 1, pp. 131-137, 2019.

F. Yunita, "Penerapan Data Mining Menggunkan Algoritma K-Means Clustring Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Islam Indragiri)," Jurnal SISTEMASI, pp. 238-249, 2018.

G.Napitupuli, "Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada Cv. Gaskindo Sentosa Menggunakan Metode Algoritma Apriori," Jurnal Riset Informatikaâ€, 2019.

P. Winasis, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Belanja Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Mall Cpm Jakartaâ€, 2019.

A. Rifa’i, "Penggunaan Metode K-Means Pada Analisa Dan Klasifikasi Capres 2019 Di Twitterâ€, Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, 2019.

Downloads

Published

2019-03-02

URN