Smart Surveillance Recommendation System Untuk Menentukan Prioritas Wilayah Cabang Baru Pada REGA Bakery & Cake Dengan Menggunakan Metode ARAS (Additive Ratio Assessment)

Authors

  • Putri Mega Utami STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.2969

Abstract

REGA Bakery & Cake merupakan salah satu home industri kue dan roti yang berdiri di kota Langsa. Bisnis ini berkembang pesat dengan memiliki cabang di Gampong Jawa, Langsa Kota. Untuk memperoleh keuntungan dalam bisnis ini diperlukannya wilayah cabang baru yang tepat. Namun pada proses penentuan cabang baru belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi atau masih secara konvensional, sehingga dalam proses penentuan wilayah cabang baru tersebut mengalami kesulitan. Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas yaitu dengan membangun smart surveillance recommendation system yang basis aplikasinya adalah sistem pendukung keputusan untuk membantu penentuan wilayah cabang baru pada REGA Bakery & Cake. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah tersebut adalah ARAS (Additive Ratio Assessment) yaitu dengan cara membandingkan nilai indeks keseluruhan setiap alternatif terhadap nilai indeks keseluruhan alternatif optimal. Hasil dari smart surveillance recommendation system ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu toko REGA Bakery & Cake dalam menentukan prioritas wilayah cabang baru yang tepat dan cepat. Dimana, sistem ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada toko yang lain.

Author Biographies

Putri Mega Utami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dedi Setiawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

A. Fathoni, “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Terhadap Tingkat Penjualan Jasa Mikro Di Kabupaten Lamongan,†vol. 4, no. 1, pp. 64–75, 2016.

E. L. Amalia, A. N. Pramudhita, and M. R. Aditya, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan Peternakan Ayam Menggunakan Metode MOORA,†Antivirus J. Ilm. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 15–23, 2019, doi: 10.35457/antivirus.v13i1.715.

S. W. Sari and B. Purba, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Danru Terbaik Menggunakan Metode ARAS,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains SAINTEKS 2019, pp. 291–300, 2019.

E. Ndruru and E. N. Purba, “Penerapan Metode ARAS Dalam Pemilihan Lokasi Objek Wisata Yang Terbaik Pada Kabupaten Nias Selatan,†J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 3, no. 2, pp. 151–159, 2019.

A. M. Alkaf and B. Sutrisno, “Smart Surveillance Dan Keteraturan Sosial (Studi Kasus Implementasi Smart City Di Kota Bandung),†J. Sosioteknologi, vol. 18, no. 1, pp. 91–105, 2019, doi: 10.5614/sostek.itbj.2019.18.1.7.

Downloads

Published

2019-06-25

Issue

Section

Articles

URN