Sistem Pakar Mengidentifikasi Kerusakan Mesin Produksi (AMP) Di PT Karya Murni (Hotmix) Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Melda Anggreani STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.2959

Abstract

PT. Karya Murni Perkasa juga melakukan usaha penyewaan dan penjulan alat-alat berat seperti traktor dan truk. Adapun terdapat masalah dalam pembutan aspal dengan kerusakan mesin produksi (AMP) sering dialami Kol Bin Dingin, Mixer, Tangki Aspal, Extahulst yang mengakibatkan kendala menjalani pekerjaan proyek dalam pembangunan jalan dan membutuhkan lama untuk memanggil pakar dalam memperbaiki mesin AMP.         Dalam keruskan mesin produksi (AMP), maka masalah tersebut membutuhkan suatu sistem yang dapat mendapat mendeteksi kerusakan dan sistem yang dapat mendeteksi kerusakan adalah sistem pakar. Sistem pakar bagian  kecerdasan buatan yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja para pakar  dalam mendiagnosa penyakit ataupuen mendetksi kerusakan maupun dapat menyelesaikan permasalahan yang dianggap cukup rumit yang tadinya hanya dapat diselesaikan oleh seorang pakar. Sistem pakar yang dibangun untuk  memudahkan kinerja dalam mendeteksi kerusakan dengan menggunakan certainty factor.        Dari hasil metode certainty factor dapat mengetahui probabilitas atau persentase dari kerusakan yang dialami mesin. Dengan menggunakan metode certainty factor dapat mendeteksi kerusakan mendeteksi kerusakan mesin produksi (AMP) lebih akurat dan efisien.

Author Biographies

Melda Anggreani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Widiarti Rista Maya, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Guntur Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Y. A. Messah, "ANALISIS BIAYA PRODUK ASPHALT MIXING PLANTS (AMP) DI PULAU TIMOR," Jurnal Teknik Sipil, vol. V, no. 1, pp. 39-52, 2016.

D. Purnomo, B. Irawan and Y. Brianorman, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA KUCING MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER BERBASIS ANDROID," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. V, no. 2338-493X, pp. 45-55, 2017.

D. Suryadi, R. Meilianda, A. F. Suryono and M. , "Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Kerusakan Mesin Industri Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Teknik Mesin, vol. XX, no. 1, pp. 56-62, 2018.

A. Riadi, "PENERAPAN METODE CERTAINTY FACTOR UNTUK SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DIABETES MELITUS PADA RSUD BUMI PANUA KABUPATEN POHUWATO," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. IX, no. 3, pp. 309-316, 2017.

F. L. Nababan, B. Sembiring, L. Bancin, L. Sianturi and M. A. Tanjung, "PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN KOMPETENSITERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT INTERTAMATRIKENCANA BERISNAR MEDAN," JURNAL DARMA AGUNG, vol. XXVIII, no. 3, pp. 496-506, 2020.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

Downloads

Published

2018-08-26

URN