Implementasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hemoroid (Wasir) Dengan Metode Certainty Factor

Authors

  • Siti Nurhaliza STMIK Triguna Dharma
  • Ishak Ishak STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Gilang Suryanata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.2957

Abstract

Hemoroid (wasir) kondisi peradangan dan melebarnya pembuluh darah vena di sekitar anus yang berasal dari pleksus hemoroidalis. Hemoroid timbul karena dilatasi, pembengkakan, atau inflamasi vena hemoroidalis yang disebabkan oleh konstipasti dan mengedan berulang, serta pola makan rendah serat.Namun hal ini perlu dibutuhkan sebuah sistem yang diharapkan  mampu mempermudah seorang penderita untuk membantu proses mendiagnosis agar tidak terjadi kesalahan, dengan itu diciptakan sebuah sistem kecerdasan buatan untuk membantu proses diagnosis yaitu sistem pakar.Sistem Pakar merupakan salah satu bidang Artifical Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang dapat membantu mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan dengan pengetahuan tertentu hasil penalaran seorang pakar dan disimpan dalam komputer. Dengan menggunakan metode certainty factor digunakan saat menghadapi suatu masalah ketidak pastian  seorang pakar untuk pengambilan keputusan, certainty factor guna menggambarkan tindak keyakinan pakar terdapat masalah yang sedang dihadapi. Pada dasarnya konsep perancangan sistem ini dilakukan dengan cara menganalisis masalah dari gejala yang dihadapi oleh penyebab permasalahan kemudian  pada fase akhir akan dilakukan sebuah pernacangan sistem agar dapat meyelesaikan masalah dengan sesuai yang diharapkan. Dengan menggunakan metode certainty factor dapat mendiagnosa  wasir dengan cepat dan efisien.

Author Biographies

Siti Nurhaliza, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ishak Ishak, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Gilang Suryanata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Maulana, D. Wicaksono, " Efek Antiinflamasi Ekstrak Tanaman Pagoda Terhadap Hemoroid," Jurnal Penelitian Perawat Profesional, Vol. II, No. 2, eISSN 2715-6885, 2020.

E. Lestari And E. U. Artha, "Sistem Pakar Dengan Metode Dempster Shafer Untuk Diagnosis Gangguan Layanan Indihome Di Pt Telkom Magelang," Khazanah Informatika, Vol. III, ISSN: 2477-698X, Pp. 16-24, 2017.

D. Purnomo, B. Irawan And Y. Brianorman, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, Vol. V, No. 2338-493x, Pp. 45-55, 2017.

L. Putri, "Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Roseola Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), Vol. I, No. 2, 2020.

P. Ramadhan, "Penerapan Euclidean Probability Dalam Pendeteksian Penyakit Impetigo," CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), Vol. IV, No. 1, 2019.

M. Suprijono, “HEMORRHOID,†SULTAN AGUNG, 2019.

Downloads

Published

2019-06-25

Issue

Section

Articles

URN