Implementasi Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Kerusakan Pada Mobil Merek Honda CRV Dengan Menggunakan Metode Dempster Shaver Pada Bengkel Mitra Jaya Motor

Penulis

  • Muhammad Fadillah Dewahyu STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i10.2955

Abstrak

        Mobil merek Honda CRV sering mengalami kendala dalam kerusakan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat langsung terdeteksi oleh pemilik mobil. Minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh pemilik mobil tentang mesin mobil membuat para pemilik mobil menjadi bingung dan panik serta tidak bisa menangani mobilnya untuk sementara waktu sebelum mobil yang rusak dibawa ke bengkel terdekat. Untuk mengetahui gejala-gejala kerusakan yang terjadi dan pencarian lokasi bengkel maka dibutuhkanlah suatu sistem cerdas yang dapat digunakan untuk pendeteksian kerusakan mobil. Diantara sistem yang dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan adalah sistem pakar.        Sistem pakar merupakan salah satu bidang teknik dari kecerdasan buatan yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja para pakar atau ahli. Dengan sistem pakar, maka metode yang digunakan dalam diagnosa Dempster Shafer.        Dempster Shafer dapat mengidentifikasi kerusakan pada mobil merek Honda CRV lebih akurat dan efisien. Dempster Shafer yang menekankan pada besarnya keyakinan suatu gejala kerusakan mendukung diagnosa kerusakan tertentu. Pada penelitian tersebut perbedaan yang diambil berupa dari kasus yang diambil dan langkah tepat yang dilakukan dengan menggunakan Dempster Shafer untuk mendeteksi kerusakan mobil

Biografi Penulis

Muhammad Fadillah Dewahyu, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Suardi Yakub, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

E. Sugiarto And W. , "Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mobil Toyota Rush Menggunakan Metode Backward Chaining Dan Pencarian Rute Terdekat Lokasi Bengkel Dengan Algoritma Floyd Warshall," Universitas Dian Nuswantoro, Vol. II, No. 1, Pp. 1-7, 2018.

E. Lestari And E. U. Artha, "Sistem Pakar Dengan Metode Dempster Shafer Untuk Diagnosis Gangguan Layanan Indihome Di Pt Telkom Magelang," Khazanah Informatika, Vol. III, No. 2477-698X, Pp. 16-24, 2017.

D. Purnomo, B. Irawan And Y. Brianorman, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, Vol. V, No. 2338-493X, Pp. 45-55, 2017.

S. Iswanti And R. N. Anggraeny, "Implementasi Metode Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor," Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. XIV, No. 1, Pp. 39-45, 2019.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. Dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar Dan Metode (Introduction Of Expert System And Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, Pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan And M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

Diterbitkan

2020-10-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN