Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Prioritas Distribusi Rokok Di Wilayah Langkat Pada PT. Surya Kekal Mandiri Menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)

Authors

  • Widya Eka Putri STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Dudi Rahmadiansyah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.2952

Abstract

Distribusi dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Saluran distribusi merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan perusahaan.Pemilihan strategi saluran distribusi menjadi sebuah persoalan yang dihadapi oleh perusahaan. Perusahaan harus menentukan apakah akan mendistribusikan produknya secara terpusat hanya pada beberapa daerah saja atau tersebar ke seluruh daerah. Selain itu, perusahaan juga harus memutuskan apakah akan memasarkan produknya secara langsung atau melalui perantara. PT Surya Kekal Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan dan distribusi (Trading & Distribution) produk rokok.Selama ini PT Surya Kekal Mandiri melakukan pendistribusian barang kepada pemesan yang lebih dulu tanpa memikirkan prioritas terbaik dari suatu daerah pemasarannya, terkadang hal tersebut mengakibatkan penjualan produk menjadi menurun dan tidak laku. Tentu hal tersebut diketahui melalui data droping yang semakin menurun apabila pendistribusian tidak tepat sasaran. Untuk menentukan keputusan yang tepat dalam memprioritaskan daerah distribusi terbaik dapat dilakukan dengan menerapkan cabang ilmu Sistem Pendukung Keputusan (SPK).Maka dari itu solusi pada permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Sistem Pendukung Keputusan dengan  menggunakan metode Moora. Dimana diketahui metode Moora merupakan metode dengan karakteristik multiobjektif sistem mengoptimalkan dua atau lebih attribut yang saling bertentangan secara bersamaan.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Penerapan Metode Moora dalam menentukan prioritas distribusi pada PT Surya Kekal Mandiri.

Author Biographies

Widya Eka Putri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dudi Rahmadiansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

T. N. Karundeng, “ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI KAYU (STUDI KASUS DI CV. KARYA ABADI, MANADO),†Jurnal EMBA, vol. 6, nº 3, p. 1748 – 1757, 2018.

Nurisusilawati, “Penentuan Strategi Saluran Distribusi Berdasarkan Karakteristik Produk Sukses,†Forum Teknik, vol. 37, nº 1, 2016.

E. Ningsih, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PELUANG USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB,†ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, 2017.

S. Manurung, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU DAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE MOORA,†Jurnal SIMETRIS, vol. 9, nº 1, 2018.

Setiyarti, "SALURAN DISTRIBUSI PEMASARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDAPATAN HOTEL," RISET EKONOMI MANAJEMEN, vol. 1, no. 2, pp. 37-44, 2018.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN