Implementasi Data Mining Untuk Mengestimasi Penjualan Masker Alfamask Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Authors

  • Emi Lia Putri STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra Stmik Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.2951

Abstract

Masker merupakan sebuah alat yang biasa digunakan untuk melindungi dan merawat bagian tubuh dari polusi, bakteri, virus ataupun udara yang kotor. Di era globalisasi menuntut perlindungan kesehatan dan keselamatan disetiap tempat kerja, termasuk di sektor informal. Salah satu masker kesehatan yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia khususnya di Sumatera Utara adalah masker Alfamask.Naik turunnya permintaan terhadap kebutuhan masker menjadi permasalahan yang kerap terjadi dan dialami oleh pihak produsen masker Alfamask. Sering sekali terjadi ketidakseimbangan antara produksi dengan permintaan pasar yang mengakibatkan kerugian serta naik turunnya penjualan masker. Salah satu contoh, perusahaan memproduksi banyak masker, namun kebutuhan pasar sedikit, tentunya pihak perusahaan akan mengalami kerugian baik itu dari segi manajemen maupun biaya produksi dari masker tersebut. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan sistem yang mampu dalam melakukan estimasi penjualan masker agar biaya produksi perusahaan dapat diminimalisir.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi data mining dengan Penerapan Metode Regresi Linier Berganda Dalam Mengestimasi  penjualan Masker Alfamasi yang dapat membantu produsen Masker Alfamask dalam menentukan perbandingan produksi untuk kedepannya.

Author Biographies

Emi Lia Putri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yopi Hendro Syahputra, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Guntur Syahputra, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Firdayanti Firdayanti, “Pencegahan Covid-19 Melalui Pembagian Masker Di Kelurahan Romang Polong Kabupaten Gowa,†Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, vol. 2, nº 1, 2020.

Yuli Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi,†Jurnal Edik Informatika, nº ISSN : 2407-0491.

Susanto, “DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI PRESTASI SISWA BERDASARKAN SOSIAL EKONOMI, MOTIVASI, KEDISIPLINAN DAN PRESTASI MASA LALU DATA MINING TO PREDICT STUDENT'S ACHIEVEMENT BASED ON SOCIO-ECONOMIC, MOTIVATION, DISCIPLINE AND ACHIEVEMENT OF THE PAST,†Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 4, nº 2, 2014.

S. Sulistyono e W. Sulistiyowati, “Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda,†PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), vol. 1, nº 2, p. 82, 5 3 2018.

A. Rachman e d. Hadi Al Rasyid, “MODEL PERAMALAN KONSUMSI BAHAN BAKAR JENIS PREMIUM DI INDONESIA DENGAN REGRESI LINIER BERGANDAâ€.

D. Anggreni e J. Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau, “ANALISIS JUMLAH TENAGA KERJA TERHADAP JUMLAH PASIEN RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE REGRESI GULUD,†Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 12, nº 1, pp. 48-57, 2014.

Downloads

Published

2019-08-26

URN