Analisa Association Rules Untuk Pola Penjualan Cake Pada Ratu Bakery Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Nita Triyuliani STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.2945

Abstract

Ratu Bakery adalah toko yang bergerak di bidang industri makanan, yang dimana aktivitas utamanya ialah memproduksi dan menjual bolu serta menjual berbagai kue basah dan cemilan lainnya. Ratu Bakery menghasilkan transaksi penjualan yang terekam dalam database transaksi harian. Namun, transaksi tersebut tidak pernah dimanfaatkan atau dianalis untuk menemukan suatu informasi baru yang dapat dijadikan strategi usaha untuk Ratu Bakery. Dikarenakan selama ini Ratu Bakery mengalami ketidak stabilan untuk transaksi penjualan yang serring mengalamai penurunan.Dengan menggunakan data transaksi penjualan pada Ratu Bakery akan dicari kombinasi item yang mungkin muncul menggunakan salah satu teknik data mining yaitu Association Rule dengan algoritma Apriori. Dari data transaksi penjualan tersebut dapat diketahui pola penjualan cake dari pembelian yang biasa dibeli oleh konsumen. Setelah mendapatkan pola penjualan dari pembelian konsumen dapat disususun strategi penjualan, karena dari itu dalam pembahasan ini akan dicari pola penjualan cake berdasarkan hasil penjualan dari setiap transaksi menggunakan algoritma apriori untuk membantu pemilik Ratu Bakery dalam menentukan perencanaan strategi penjualan yang efektif dan dapat membantu dalam strategi produksi cake.Hasil dari penelitian ini dengan Data Mining metode Apriori dapat memberikan informasi baru untuk mendapatkan pola penjualan cake pada Ratu Bakery. Sehingga pola penjualan tersebut dapat dijadikan strategi yang nantinya dapat meningkatkan penjualan dan produksi di Ratu Bakery.

Author Biographies

Nita Triyuliani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

References

A. Prasetyo, N. Musyaffa, and R. Sastra, “Implementasi Data Mining Untuk Analisis Data Penjualan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus Dapoerin ’ S ),†vol. VIII, no. 2, 2020.

I. Djamaludin and A. Nursikuwagus, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 671, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1566.

I. Data, M. Untuk, and M. Kelulusan, “Jurnal Comasie,†vol. 06, pp. 97–107, 2021.

A. Nursikuwagus and U. K. Indonesia, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan,†vol. 1, no. November 2016, pp. 226–233, 2020.

D. Wijaya and R. Irawan, “Prosedur Administrasi Penjualan Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat,†Perspektif, vol. 16, no. 1, pp. 26–30, 2018

Downloads

Published

2022-07-06

URN