Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Bibit Padi Yang Terbaik Di Desa Gempola Tebing Tinggi Dengan Metode ARAS

Authors

  • Dodi Sraman Zai STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Beni Andika STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.2944

Abstract

Bibit padi merupakan salah satu factor penentu yang sangat berpengaruh dalam pembudidayaan padi atau pada masa pertumbuhannya, sebab awal dalam pembudidayaan yang baik tergantung dalam baik tidaknya bibit yang di gunakan di lanjutkan dengan lahan yang baik dan perawatan pada masa perumbuhannya hingga pada masa panen. Metode yang digunakan adalah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dijadikan sebagai alternatif aplikasi sistem yang membatu dalam mengambil keputusan dalam menentukan bibit padi yang terbaik. Sistem ini dibangun menggunakan Additive Ratio Assessmen (ARAS). Model merupakan metode umum dan banyak di terapkan untuk membantu pengambilan keputusan dalam mengambil suatu keputusan (hanya sebagai landasan). Berdasarkan analisa data yang dilakukan dapat disimpukan bahwa dalam menganalisa untuk menentukan bibit padi yang terbaik mengunakan metode ARAS, kemudian setiap Alternatif diberi nilai berdasarkan kriteria yang ada, selanjutnya dilakukan proses perhitungan dengan mengunakan algoritma dari metode ARAS.

Author Biographies

Dodi Sraman Zai, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Beni Andika, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. N. Kumalasari and A. Suryanto, “PENGARUH JARAK TANAM DAN JUMLAH BIBIT PADA TANAMAN PADI ( Oryza sativa L . ) HIBRIDA VARIETAS PP3 THE EFFECT OF PLANT DENSITIES AND NUMBER OF SEED ON HYBRID RICE ( Oryza sativa L . ) PP3 VARIETY,†vol. 5, no. 7, pp. 1220–1227, 2017.

S. Tambunan, P. Marbun, and E. Harahap, “Pengaruh Jumlah Bibit dan Sistem Tanam Jajar Legowo yang Dimodifikasi terhadap Pertumbuhan dan Produksi Padi Sawah (Oryza sativa L.) di Kecamatan Medan Tuntungan,†vol. 6, no. 3, pp. 563–570, 2018.

M. Zulfikar and H. Fahmi, “Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Naïve Bayes Dalam Menentukan Kualitas Bibit Padi Unggul Pada Balai Pertanian Pasar Miring,†vol. 2, no. 2, 2019.

dan Y. M. Marlina, Setyono, “PENGARUH UMUR BIBIT DAN JUMLAH BIBIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PANEN PADI SAWAH ( Oryza sativa ) VARIETAS CIHERANG EFFECT OF AGE OF SEEDS AND NUMBER OF SEEDS PER POINT OF PLANTING ON THE GROWTH AND PRODUCTION OF RICE ( Oryza sativa ) CIHERANG,†pp. 26–36, 2017.

H. Susanto, I. Pendahuluan, A. S. P. Keputusan, P. Decision, and M. Matrix, “PENERAPAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ) DALAM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUSU GYM,†vol. 5, pp. 86–90, 2018.

J. Afriany and S. Aisyah, “Implementasi Metode ARAS Dalam Pemberian Keputusan Bonus Tahunan Karyawan,†no. 2018, pp. 484–491, 2019.

C. Maulana, A. Hendrawan, A. Praba, and R. Pinem, “PEMODELAN PENENTUAN KREDIT SIMPAN PINJAM MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ),†vol. 15, no. 1, pp. 7–11, 2019.

Downloads

Published

2019-08-30

URN