Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Minat Nasabah Dalam Pemilihan Produk Asuransi Dengan Menggunakan Algoritma K-Means Pada PT.AJ Central Asia Raya (Car Life Insurance)

Authors

  • Monika Situmorang Situmorang STIMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi Purwadi STIMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata Sonata STIMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.2942

Abstract

Asuransi adalah alat keuangan dalam kehidupan masyarakat, menghadapi risiko dasar seperti kematian, kesehatan dan kerusakan harta benda. Asuransi sebagai lembaga keuangan (BANK) menjadi peran penting dalam kegiatan perlindungan risiko. Perusahaan asuransi mengumpulkan premi dari masyarakat, kemudian perusahaan asuransi menginvestasikan dananya dalam berbagai kegiatan ekonomi perusahaan, dan dapat membantu perekonomian perusahaan yang bermasalah. PT.AJ Central Asia Raya berasal dari berbagai daerah, maka dibutuhkan strategi khusus oleh bagian marketing perusahaan dalam melakukan pemasaran untuk mencari calon nasabah agar promosi yang dilakukan lebih efektif dan efisien. menggunakan data nasabah pemegang polis periode Januari 2020 hingga Desember 2020 untuk melakukan penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang berhubungan dengan nasabah peminat asuransi PT.AJ Central Asia Raya (CAR Life Insurance) dan data laporan Jumlah Nasabah. Dengan menggunakan metode K-Means untuk data mining, permasalahan tersebut dapat diselesaikan.Penerapan Data mining telah banyak digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan,salah satunya adalah menggunakan Data mining untuk penentuan dalam menganalisa minat nasabah dalam pemilihan produk asuransi. Algoritma K-Means sangat sesuai dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam menganalisa minat nasabah dalam pemilihan produk asuransi. Maka hasil proses dibuat dapat dikembangkan dengan menggunakan sistem berbasis komputer.Kata Kunci: Data Mining, K-Means, Asuransi.

Author Biographies

Monika Situmorang Situmorang, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi Purwadi, STIMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Fifin Sonata Sonata, STIMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

L. M. Pratiwi, D. And E. P. Agustini, "Penerapan K-Means Clustering Untuk Memprediksi Minat Nasabah Pada Pt. Asuransi Jiwa Bersama 1912 Bumiputera Prabumulih," Jurnal Universitas Bina Darma, Vol. I, No. 1, Pp. 1-16, 2016.

D. Sunia, K. And A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," Stikom Dinamika Bangsa, Pp. 121-134, 2019.

F. Yunita, "Penerapan Data Mining Menggunkan Algoritma K-Means Clustring Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Islam Indragiri)," Jurnal Sistemasi, Pp. 238-249, 2018.

Alfannisa Annurullah Fajrin And Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK), Vol. Volume 05, 2018.

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, P. 192.

D.Guntara" Asuransi Dan Ketentuan-Ketentuan Hukum Yang Mengaturnya," 2016.

Downloads

Published

2019-03-30

Issue

Section

Articles

URN