Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Proyek Jasa Kontruksi Bangunan Dengan Menggunakan Metode Complex Proportional Assesment (COPRAS) Pada CV. Karya Makmur Persada

Authors

  • Fernando Hutagaol STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.2939

Abstract

CV. Karya Makmur Persada merupakan salah satu perusahaan jasa kontruksi di Indonesia. CV. Karya Makmur Persada telah banyak memegang proyek kontruksi bangunan di berbagai daerah, di dalam memegang proyek kontruksi bangunan terdapat kesulitan untuk memilih proyek mana yang akan CV. Karya Makmur Persada jalankan karena ada beberapa aspek yang harus diperhatikan agar proyek tersebut dapat perusahaan jalankan. Untuk itulah diperlukan sistem pengambilan keputusan yang dapat memperhitungkan segala kriteria yang mendukung pengambilan keputusan guna membantu, mempercepat dan mempermudah proses pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem pengambilan keputusan yang membantu pihak perusahaan CV. Karya Makmur Persada dalam menentukan proyek kontruksi bangunan yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan dengan menggunakan metode Complex Proportional Assesment (COPRAS). Perancangan ini menggunakan bahasa pemrograman visual basic dan menggunakan Access sebagai database. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Proyek Jasa Kontruksi Bangunan merupakan sebuah sistem yang dapat menentukan proyek kontruksi bangunan pada CV. Karya Makmur Persada, dimana dalam proses pengambilan keputusan menggunakan metode COPRAS. Sistem dapat memberikan keputusan proyek mana yang akan dipegang atau dilaksanakan. Sistem akan menyeleksi setiap data-data yang di inputkan dan nilai yang tertinggi yang akan terpilih sebagai proyek yang akan dilaksanakan oleh CV. Karya Makmur Persada.

Author Biographies

Fernando Hutagaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

L. Sihombing and T. Kadri, “ANALISA PENGARUH VARIABEL COST OVERRUN PADA PROYEK BANGUNAN DI JABODETABEK,†vol. 1, no. April, 2019.

A. A. Mubarok, R. Arthur, and S. S. Handoyo, “Pengembangan Pembelajaran E-Learning Mata Kuliah Ptm/Jalan Raya Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta,†J. PenSil, vol. 7, no. 2, pp. 87–94, 2018, doi: 10.21009/pensil.7.2.5.

A. Munthafa and H. Mubarok, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi,†J. Siliwangi, vol. 3, no. 2, pp. 192–201, 2017.

P. Oktavia, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Dengan Metode Weighted Product Pada SMP Negeri 1 Parung Berbasis Web,†vol. 67, 2017.

M. F. Ridhwan, I. L. Sardi, and S. Y. Puspitasari, “Rekomendasi Pemilihan Tempat Usaha Makanan dengan Metode COPRAS di Kecamatan Jambangan,†vol. 6, no. 2, pp. 9491–9503, 2019.

Downloads

Published

2020-01-27

URN