Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Rekomendasi Lokasi Cabang Baru Menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)

Authors

  • Dini Elvia STIMK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.2937

Abstract

Parfum memegang peran penting dalam kehidupan manusia, karena dapat memberikan kesenangan hidup (joys of live), mempengaruhi kejiwaan dan syarat serta mewangikan bahan yang tidak berbau wangi. Quality Parfume adalah sebuah toko yang menjual berbagai jenis parfum. Saat ini proses penjualan dilakukan dengan cara manual yaitu konsumen datang langsung ke toko untuk melihat koleksi yang tersedia dan selanjutnya melakukan transaksi. Toko Quality Parfume ini merupakan toko yang memiliki perkembangan yang cukup pesat sehingga menguatkan pemilik untuk memperluas pemasarannya dengan cara membuka cabang baru untuk beberapa daerah. Disamping itu juga untuk memperoleh cakupan pemasaran yang luas dan menarik keuntungan yang besar juga menjadi alasan pemilik Quality Parfume untuk membuka cabang baruMaka dari itu solusi pada permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Sistem Pendukung Keputusan dengan  menggunakan metode Moora. Dimana diketahui metode Moora merupakan metode dengan karakteristik multiobjektif sistem mengoptimalkan dua atau lebih attribut yang saling bertentangan secara bersamaan.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Penerapan Metode Moora dalam merekomendasikan cabang lokasi baru untuk Qualiti Parfum dengan efektif dan efisien.

Author Biographies

Dini Elvia, STIMK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. P. Jailani, "ANALISA DAN RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PARFUM BERBASIS E-COMMERCE PADA TOKO SERUNI PARFUM," Jurnal Idealis, vol. 2, no. 5, 2019.

I. Hardiyati, "PEMBUATAN DAN EVALUASI PARFUM PADAT DARI MINYAK ATSIRI VANILLA (Vanilla planifola), MELATI (Jasminum sambac (L.) Ait, JERUK MANIS (Citrus sinensis (L.) Osbeck) DALAM KEMASAN BROS," MEDIKA TADULAKO, Jurnal Ilmiah Kedokteran,, vol. 6, no. 3, 2019.

E. Ningsih, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PELUANG USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, no. 3, 2017.

ARIF SUSANTO, "PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK SELEKSI GURU TETAP YAYASAN ADHI LUHUR PADA SMK MAHADHIKA 2 JAKARTA," Faktor Exacta, vol. 1, no. ISSN: 1979-276X , pp. 84-97, 2014.

B. H. H. Liza Yulianti1, Herlina Latipa Sari2, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PESERTA KB TELADAN DI BKKBN BENGKULU MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0," Jurnal Media Infotama, vol. 8, 2012.

S. Manurung, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU DAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE MOORA," Jurnal SIMETRIS, vol. 9, no. 1, 2018.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN