Penerapan Metode Certainty Factor Dalam Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Dimocarpus Longan Lour (Lengkeng)

Authors

  • Haryandi Saputra STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.2936

Abstract

Kelengkeng merupakan buah tropis dari pohon lengkeng yang bisa dimakan. Kelengkeng memiliki buah berdaging kecil berbentuk bulat berwarna putih dengan kulit berwarna kuning kecokelatan yang tumbuh berkelompok bergantungan. Buahnya terasa agak manis, berair dan hampir sama dengan buah leci. Petani kelengkeng sering kali mengalami beberapa masalah dengan pohon kelengkeng dan buah kelengkengnya. Dimana sering sekali pohon kelengkeng memiliki penyakit yang tidak di ketahui solusinya oleh masyarakat. Dengan masalah tersebut maka di buatlah sistem pakar mendiagnosa penyakit lengkeng dengan tujuan untuk membantu petani lengkeng dalam mendiagnosa pada tanaman lengkeng. Sistem pakar merupakan sebuah sistem aplikasi yang memiliki kemampuan layaknya seperti berpikir seorang pakar dalam menyelesaikan  masalah terkait penyakit pada tanaman lengkeng  sehingga dapat menghasilkan  sebuah kesimpulan atau solusi.Hasil dari penelitian ini mendapatkan suatu keluaran berupa penyakit yang dialami oleh tanaman lengekeng serta solusi penanganan pada penyakit yang dialami oleh tanaman lengkeng  tersebut dengan menggunakan metode certainty factor, sehingga dapat membantu petani dalam menangani penyakit lengkeng.

Author Biographies

Haryandi Saputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azanuddin Azanuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

“Pengaruh Jenis dan Kadar Air Media Simpan Terhadap Viabilitas Benih Lengkeng (Dimocarpus longan Lour.),†Pengaruh Jenis dan Kadar Air Media Simpan Terhadap Viabilitas Benih Lengkeng (Dimocarpus longan Lour.), vol. 1, no. 2, pp. 86–91, 2013, doi: 10.22146/veg.1522.

H. Aksad and F. Aditya, “Model Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Certainty Factor,†Jutisi (Jurnal Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 67–74, 2019.

I. Hidayatulloh and U. N. Yogyakarta, “Implementasi Metode Forward Chaining Untuk Mendeteksi Penyakit Pada Tanaman Kelengkeng,†J. Mantik Penusa is Licens. under a Creat. Commons Attrib. 4.0 Int. Licens. (CC BY-NC 4.0), vol. 11, no. May, pp. 14–21, 2018.

H. T. Sihotang, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (Cf) Berbasis Web,†J. Mantik Penusa, vol. 15, no. 1, pp. 16–23, 2014, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/161.

U. F. Puji Sari Ramadhan, “Mengenal Metode Sistem Pakar,†vol. 2018.

Downloads

Published

2019-01-30

URN