Implementasi Sensor GPS Terhadap Titik Koordinat Pendaki Menggunakan Teknik Simpleks Berbasis NodeMCU

Authors

  • Azizul Hakim Batubara STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STNIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.2931

Abstract

Global Positioning System ( GPS ) adalah sebuah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan penyelarasan sinyal satelit. nama formalnya adalah NAVSTAR GPS. Karena pendakian gunung adalah sebuah perjalanan panjang, dimana harus melewati hutan dan jurang-jurang, yang mana sering terdengar atau di beritakan banyak sekali pendaki yang terjatuh ke jurang, maupun tersesat di hutan, dan berujung kematian karena lamanya proses evakuasi yang di sebabkan tidak adanya alat penunjang yang dapat digunakan untuk proses evakuasi, ataupun alat yang bisa membaca titik koordinat dimana pendaki itu terjatuh atau tersesat. Dalam mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan sebuah teknologi yang menggunakan NodeMCU untuk system kendali, sensor GPS sebagai pembaca titik koordinat. Dibandingkan dengan teknologi yang ada pada smartphone atau telepon pintar yang juga memiliki sensor gps namun membutuhkan informasi atau data penting si pemilik agar dapat dideteksi letak atau titik dia berada, yang berarti privasi dari si pemilik akan rentan tersebar luas, maka sistem yang akan di rancang pada penelitian ini dapat menghindari dari bocornya atau tersebarnya privasi si pendaki dan juga dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan seperti diretas,atau disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sistem ini mampu memberikan informasi kepada pendaki dan penjaga posko. Sensor GPS berfungsi untuk membaca titik koordinat pendaki saat berada di gunung, Ketika sudah terdeteksi maka sistem akan menampilkan data di LCD dan juga mengirimkan nya melalui aplikasi blynk sebagai output.

Author Biographies

Azizul Hakim Batubara, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Saniman Saniman, STNIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

“NAVSTAR GPS User Equipment Introduction,†Wikipedia, 2020. http://www.navcen.uscg.gov/pubs/gps/gpsuser/gpsuser.pdf (accessed Jan. 25, 2021).

H. Chapman, “GPS (Global Positioning System),†Encycl. Archaeol. Sci., pp. 1–3, 2018, doi: 10.1002/9781119188230.saseas0268.

F. A. Rahman, A. Kristiyanto, and S. Sugiyanto, “Motif, Motivasi, Dan Manfaat Aktivitaspendakian Gunung Sebagai Olahraga Rekreasi Masyarakat,†Multilater. J. Pendidik. Jasm. dan Olahraga, vol. 16, no. 2, pp. 143–153, 2017, doi: 10.20527/multilateral.v16i2.4251.

M. S. Rumetna, “Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 305, 2018.

M. Rusli, “Metode Simpleks Dalam Pemograman Linier,†J. Teknol. Inf., vol. 02, no. 01, pp. 276–286, 2010.

Downloads

Published

2020-01-27

URN