Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Duta Kampus Universitas Pelita Harapan Cabang Medan Dengan Menggunakan Metode Moora (Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis)

Authors

  • Sorry Seven Riyaman Harefa STIMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono Marsono STIMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut Hutasuhut STIMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.2930

Abstract

Pada Perguruan Tinggi/Universitas didalam pemilihan duta kampus tersebut banyak hal-hal yang sering diminati oleh setiap mahasiswa/mahasiswi di berbagai kalangan kampus. Perguruan Tinggi itu sendiri merupakan satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tertinggi dengan mengasah dalam kepbribadian generasi berbangsa dan bernegara khusus nya dalam kemahasiswaan. Dalam pemilihan duta kampus Universitas Pelita Harapan harus memiliki kriteria-kritera yang sudah di terapkan  oleh pihak kampus. Karena tidak sesuainya kriteria-kriteria dalam pemilihan duta kampus Universitas Pelita Harapan, Maka dibutuhkan suatu sistem  yang dapat membantu dalam mengambil keputusan, yaitu sistem pendukung keputusan.           Sistem Pendukung Keputusan bagian sistem interaktif yang dapat membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan yang berfungsi dalam memecahkan masalah-masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun tidak terstruktur seperti dalam pemilihan duta kampus Universitas Pelita Harapan cabang medan. Maka metode sistem pendukung keputusan yang dapat proses mengoptimalkan secara bersamaan dua atau lebih atribut (sasaran) yang saling bertentangan, dimana atribut tersebut memiliki batasannya tertentu dan dapat digunakan dalam pemilihan duta kampus Universitas Pelita Harapan cabang medan yaitu metode MOORA.           Dengan menggunakan metode MOORA dapat pemilihan duta kampus Universitas Pelita Harapan cabang medan. Untuk membantu Universitas Pelita Harapan dalam pemilihan duta kampus, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mempermudah pengambil keputusan secara akurat dan akuntabel karena hal ini sangat berhubungan memberikan inspirasi sesuatu hal yang belum pernah ada pada kalangan universitas.Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, MOORA , Duta Kampus

Author Biographies

Sorry Seven Riyaman Harefa, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono Marsono, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut Hutasuhut, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. W. Al-Hafiz, M. and S. , "Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. I No 1, no. 2597-4645, pp. 306-309, 2017.

A. Syahputra, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pre-Wedding di Kota Medan dengan Menggunakan Metode VIKOR dan BORDA," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. I No 3, no. 2548-8368, pp. 207-214, 2020.

C. Lukita, C. Nas and W. Ilham, "Analisis Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Dengan Menggunakan Metode Perbandingan WASPAS dan," Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. V No 3, no. 2460-3465, pp. 130-137 , 2019.

A. S. R. A. Binjori, H. R. Br Hutapea and M. Syahrizal, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Handphone Bekas Terbaik Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA)," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. V, no. 1, pp. 61-65, 2018.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: Cv.Budi Utama, 2017.

Downloads

Published

2018-07-26

URN