Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Pembukaan Kantor Cabang Pada PT. Sunlife Financial Indonesia Dengan Mengguanakan Metode Weighted Product.

Authors

  • Daslan Nainggolan STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.2927

Abstract

Sun Life Financial masuk ke Indonesia pada tahun Indonesia tahun 1995 dan berkantor pusat di Jakarta sampai dengan sekarang. Perusahaan Sun Life Financial dalam pengembangan bisnisnya mengalami banyak tantangan, mulai dari persaingan antar sesama perusahaan Asuransi yang semakin banyak sampai pada masalah menentukan lokasi pembukaan kantor cabang yang tepat sehinnga dapat mendongkrak kemajuan dari perusahaan. Salah satu cara yang dapat di gunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan teknologi yang telah di ciptakan dengan dengan komputerisasi, yaitu dengan menggunakan system pendukung keputusan. Sistem Pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang interaktif, yang membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model- model keputusan untuk memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur. Sederhananya Sistem Pendukung keputusan dapat didefinisikan sebagai proses seleksi, eksplorasi dan pemodelan dari sejumlah besar data untuk menemukan pola atau kecenderungan yang menjadi acuan sebagai penentuan lokasi pembukaan kantor ncabang yang baru. Weighted Product adalah salah satu metode yang dapat di kombinasikan dengan system pendukung keptutusan. Dengan Metode Weighted Product dapat membantu mempermudah penyelesaian masalah yang sedang di hadapi perusahaan terkait penentuan lokasi pembukaan kantor cabang.

Author Biographies

Daslan Nainggolan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

H. R. Hatta, M. Rizaldi, and D. M. Khairina, “Penerapan Metode Weighted Product Untuk Pemilihan Lokasi Lahan Baru Pemakaman Muslim Dengan Visualisasi Google Maps,†J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 85–94, 2016, doi: 10.25077/teknosi.v2i3.2016.85-94.

N. Marpaung, M. Handayani, and R. Yesputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Dengan Metode Weighted Product (WP) Pada STMIK Royal,†Semin. Nas. R. 2018, vol. 9986, no. September, pp. 267–270, 2018.

N. Aeni Hidayah and E. Fetrina, “RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta),†Stud. Inform. J. Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 127–134, 2017.

E. A. Giawa, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tempat Wisata Terfavorit di Nias Selatan dengan Metode Weighted Product (WP),†Publ. Ilm. Teknol. Inf. Neumann, vol. 3, no. 1, pp. 77–80, 2018, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/283784/sistem-pendukung-keputusan-penentuan-tempat-wisata-terfavorit-di-nias-selatan-de.

E. Ningsih, Dedih, and Supriyadi, “Usaha Makanan Yang Tepat Menggunakan Weighted Product (WP) Berbasis Web,†Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 244–254, 2017.

Downloads

Published

2019-01-30

URN