Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penempatan Obat-Obatan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Apotek Rita Farma

Authors

  • Ega Fatdillah STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Gilang Suryanata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.2922

Abstract

Pencapaian tingkat penjualan pelaku usaha adalah salah satu indikator dari tingkat kemajuan pelaku usaha, untuk mampu mencapai tingkat penjualan yang telah ditargetkan pelaku usaha itu berarti pelaku usaha harus mampu menciptakan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen juga bagaimana produk ini menjadi sumber profit bagi pelaku usaha sebagai fokus pelaku usaha dalam memasarkan produknya Apotek RITA FARMA menyuplai banyak produk, yang terkadang masih banyak produk yang kesulitan dicari padahal produk tersebut masih ada. Oleh sebab itu Apotek RITA FARMA dituntut untuk mencari solusi dalam pengelolaan penenmpatan produk dan menemukan strategi yang dapat meningkatkan usaha dibidang penjualan terutama harus meningkatkan pelayanan terbaik. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah harus meningkatkan pelayanan terbaik. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah mengelompokkan dan penyusunan barang yang dijual oleh Apotek RITA FARMA dengan cara mengikuti pola pembelian yang sering dilakukan pelanggan apotek tersebut guna untuk mempermudah pengambilan dan penyusunan barang sehingga proses jual-beli dapat dilakukan dengan cepat.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Data Mining untuk menentukan pola penempatan obat-obatan di Apotek RITA FARMA. Sehingga dapat digunakan untuk membantu manajemen pengelolaan produk obat.

Author Biographies

Ega Fatdillah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Gilang Suryanata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Gusrizaldi, E. Komalasari, M. Dan, D. Program and S. Administrasi, "ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENJUALAN DI INDRAKO SWALAYAN TELUK KUANTAN," vol. 2, no. 2, pp. 286-303, 2016.

Ristianingrum, "IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI," Prosiding SINTAK 2017, vol. 1, no. 1, 2017.

D. Listriani, A. H. Setyaningrum and F. Eka, "PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro)," vol. 9, no. 2.

Nurbayti, "Tren Pengguna Aplikasi Go-Food di Era Digital," K O M A S K A M, vol. 1, no. 1, 2019.

H. Kusumo, "Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi," Walisongo Journal of Information Technology, vol. 1, no. 1, 2019.

I. P. Astuti, "ALGORITMA APRIORI UNTUK MENEMUKAN HUBUNGAN ANTARA JURUSAN SEKOLAH DENGAN TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA," JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, vol. 12, no. 1, 2019.

F. A. Sianturi, "PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK PENENTUAN TINGKAT PESANAN," Jurnal Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, 2018.

Downloads

Published

2018-08-26

URN