Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bibit Kelinci Terbaik Pada Toko Atlantis Kelinci Berastagi Dengan Metode Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA)

Authors

  • Agung Ramadan STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.2915

Abstract

Toko Atlantis Kelinci Berastagi Merupakan tempat pembelian berbagai jenis kelinci, makanan kelinci, perawatan kelinci, dan obat-obat kelinci, dalam Toko Atlantis Kelinci Berastagi masih mempunyai kendala Penentuan Bibit Kelinci Terbaik sehingga sehingga Penentuan Bibit Kelinci Terbaik ini hasilnya tidak efisien Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas dengan membangun Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu dalam Penentuan Bibit Kelinci Terbaik sehingga dalam penentuan ini agar lebih efisien. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah tersebut adalah Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA) yaitu dengan cara memecah permasalahan kriteria-kriteria yang telah ditentukan kemudian dikalikan dengan bobot preferensi dengan kriteria, sehingga menghasilkan terbaik atau kurangbaik dalam penentuan bibit kelinci terbaik. Hasil dari Sistem Pendukung Keputusan ini menunjukan bahwa dengan penerapan Sistem Pendukung Keputusan dapat membantu Toko Atlantis Kelinci Berastagi dalam Penentuan Bibit Kelinci Terbaik. Dimana, Sistem Pendukung Keputusan ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada toko Atlantis Kelinci Berastagi.

Author Biographies

Agung Ramadan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dedi Setiawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

M. Mifardi, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Bibit Kelinci Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),†J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 1–5, 2016.

A. Munthafa and H. Mubarok, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi,†J. Siliwangi, vol. 3, no. 2, pp. 192–201, 2017.

L. F. Israwan, “Penerapan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio (Moora) Dalam Penentuan Asisten Laboratorium,†J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2019,

S. Wardani, Solikhun, and A. Revi, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Siswa Calon Peserta Olimpiade Dengan Metode MOORA,†J. Teknovasi, vol. 05, no. 01, pp. 18–26, 2018.

E. Sofiah and Y. Septiana, “Sistem Pendukung Keputusan Feasibility Study untuk Menilai Kelayakan Sebuah Bisnis,†J. Wawasan Ilm., vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2017.

E. Yani and D. Kurniadi, “Perancangan Arsitektur Untuk Pendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Program Studi Perguruan Tinggi Menggunakan Differrential Aptitude Test (DAT),†J. Wawasan Ilm., vol. 7, no. 12, pp. 67–76, 2016.

E. L. Amalia, R. A. RDA, and A. N. Pratama, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lovebird Unggul dalam Perlombaan Menggunakan Metode AHP-Topsis,†Matics, vol. 11, no. 1, p. 21, 2019.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN