Implementasi Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Mesin Potong Plat Hydraulic (Mesin Shearing) Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Ilham Fadellah STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti LumbanGaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.2912

Abstract

Mesin potong panel, mempunyai kendala kerusakan yang tinggi, dikarenakan komponen - komponen yang dimiliki oleh sistem ini bergerak menggunakan transmisi daya sehingga rentan  mengalami kerusakan. Dalam masalah tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat mendapat mendeteksi kerusakan. Diantara sistem yang dapat mendeteksi kerusakan mesin adalah sistem pakar.        Sistem pakar merupakan salah satu bidang teknik dari kecerdasan buatan yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja para pakar dan dapat menyelesaikan permasalahan yang cukup rumit. Dengan menggunakan sistem pakar, maka metode yang dibangun dengan menggunakan metode dempster shafer.        Implementasi metode dempster shafer merupakan metode penalaran non monotonis yang digunakan untuk mencari ketidakkonsistenan akibat adanya penambahan maupun pengurangan fakta baru yang akan merubah aturan yang ada, sehingga metode dempster shafer dapat mengetahui probabilitas atau persentase dari kerusakan yang dialami mesin. Dengan menggunakan metode dempster shafer dapat mendeteksi kerusakan mendeteksi kerusakan mesin potong plat Hydraulic (mesin Shearing) lebih akurat dan efisien.

Author Biographies

Ilham Fadellah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Nur Yanti LumbanGaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Verry, "Perhitungan Rekonsiliasi Pajak Penghasilan Terutang Berdasarkan Peraturan Perpajakan Dan Psak No 46 Pada Pt Cipta Elektrik Kreasindo Medan," Jurnal Ilmiah Smart, Vol. II, No. 2549-5836, Pp. 60-72, 2018.

E. Lestari And E. U. Artha, "Sistem Pakar Dengan Metode Dempster Shafer Untuk Diagnosis Gangguan Layanan Indihome Di Pt Telkom Magelang," Khazanah Informatika, Vol. III, No. 2477-698X, Pp. 16-24, 2017.

D. Purnomo, B. Irawan And Y. Brianorman, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, Vol. V, No. 2338-493X, Pp. 45-55, 2017.

L. Putri, "Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Roseola Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), Vol. I, No. 2, 2020.

P. Ramadhan, "Penerapan Euclidean Probability Dalam Pendeteksian Penyakit Impetigo," CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), Vol. IV, No. 1, 2019.

D. Aldo, S. Putra, “Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Bawang Merah Menggunakan Metode Dempster Shaferâ€, Vol. IV. No.1, 2019.

Downloads

Published

2021-09-07

URN