Implementasi Data Mining Dalam Menganalisa Pola Penjualan Perlengkapan Menjahit Busana Dengan Menggunakan Metode FP-Growth Pada Toko Nazwa Collection

Authors

  • Oberlin Simanjuntak STMIK Triguna Dharma
  • Moch Iswan Perangin-Angin STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.2903

Abstract

Oberlin Simanjuntak, NIRM. 2017020649. Implementasi Data Mining Dalam Menganalisa Pola Penjualan Perlengkapan Menjahit Busana Dengan Metode FP-Growth Pada Toko Nazwa collection.              Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pola penjualan perlengkapan menjahit busana dengan metode F-Growth pada Toko Nazwa Collection.Toko ini umumnya menjual berbagai macam produk perlengkapan menjahit busana, baik perlengkapan menjahit busana pria maupun busana wanita. Setiap hari data transaksi penjualan kian bertambah banyak, sehingga data tersebut menumpuk, seringkali data tersebut dibuat hanya sebagai arsip tanpa pengolahan lebih lanjut dan tidak mempunyai nilai guna lebih untuk bisa dipergunakan dengan baik agar dapat menentukan pola penjulan dan strategi pemasaran Toko tersebut.              Oleh karena itu, dalam menentukan pola penjualan telah dirancang suatu sistem implementasi Data Mining dengan mengadopsi metode algortima FP-Growth. Rancangan sistem ini diimplementasikan pada aplikasi yang berbasis desktop yang mampu membuat laporan data hasil eliminasi yang akan dipilih untuk mengetahui produk yang sering muncul.              Dengan demikian aplikasi ini dapat membantu Toko Nazwa Collection dalam menyelesaikan masalah dan membantu pemilik Toko untuk mengolah data agar dapat menfaatkan data tersebut lebih baik lagi.

Author Biographies

Oberlin Simanjuntak, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Moch Iswan Perangin-Angin, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. Vol 4, No., no. September, pp. 1–4, 2018.

D. P. Larasati, M. Nasrun, and U. A. Ahmad, “Analisis Dan Implementasi Algoritma Fp-Growth Pada Aplikasi Smart Untuk Menentukan Market Basket Analysis Pada Usaha Retail ( Studi Kasus : Pt . X ) Analysis and Implementation of Fp-Growth Algorithm in Smart Application To Determine Market Basket Analysi,†Sist. Komput., vol. 2, no. 1, pp. 749–755, 2015.

A. Nastuti and S. Z. Harahap, “Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako Dan Kebutuhan Harian Dengan Menggunakan Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus Di Ulfamart Lubuk Alung),†J. Inform., vol. 7, no. 3, pp. 111–119, 2019, doi: 10.36987/informatika.v7i3.1381.

D. Nofriansyah, K. Erwansyah, and M. Ramadhan, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL ( Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi),†J. Saintikom, vol. 15, no. 2, pp. 81–92, 2016.

K. Erwansyah, “Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Hubungan Data Penjualan Produk Bahan Kimia Terhadap Persedian Stok Barang Menggunakan Algoritma FP ( Frequent Pattern ) Growth Pada PT . Grand Multi Chemicals,†vol. 2, no. 2, pp. 30–40, 2019.

M Teguh Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,†J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 1, pp. 126–129, 2018.

Downloads

Published

2020-01-27

URN