Decision Support System Menggunakan Metode COPRAS (Complex Proportional Assesment) Dalam Menentukan Santri Berprestasi

Authors

  • Ade Putra Zega STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i12.2902

Abstract

Pada Pondok Pesantren Hidayatullah, setiap semesternya ada tentang penentuan santri berprestasi, namun dalam tahapan seleksinya tidak ada metode yang bisa di bilang cepat dan akurat dalam penentuan santri berprestasi, hanya karena mengandalkan perjumlahan atas semua nilai yang didapat, tentu tidak akurat dan bisa jadi tidak tepat sasaran. Untuk membantu agar proses pemilihan santri berprestasi yang lebih baik kedepan, maka dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang merupakan sistem berbasis computer sehingga dapat memmbantu mendukung sebuah keputusan yang dihasilkan dengan dukungan metode COPRAS dalam menentukan santri berprestasi .Berdasarkan hasil dari penelitian ini, Sistem Pendukung Keputusan berhasil dibangun guna membantu masalah untuk menentukan santi berprestasi pada Pondok Pesantren Hidayatullah. Sehingga santri yang diprioritaskan untuk diajukan sesuai dengan kapabilitas oleh Pondok Pesantren Hidayatullah itu sendiri, Sistem yang dibangun memiliki kecepatan perhitungan yang sangat baik, dan sanggat akurat berdasarkan bobot pada masing masing kriteria, hasil perhitungan menjadi dasar rekomendasi santri berprestasi.

Author Biographies

Ade Putra Zega, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Syah, “Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru , (Bandung: PT Rosdakarya, 2004), hal.10,†pp. 1–15.

Pusat Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi ke tiga, cet ketiga, (Jakarta : Balai Pustaka, 2005), hlm. 997.

Khadijah Ummul Mu'minin Nazharat Fi isyraqi Fajril Islam, hal. 96 dan 155.

H. Rohayani, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy,†J. Sist. Inf., vol. 5, no. Analisis Sistem Pendukung Keputusan, pp. 530–539, 2013.

M. F. Ridhwan, I. L. Sardi, and S. Y. Puspitasari, “Rekomendasi Pemilihan Tempat Usaha Makanan dengan Metode COPRAS di Kecamatan Jambangan,†vol. 6, no. 2, pp. 9491–9503, 2019.

Downloads

Published

2020-12-30

URN