E-Assesment Index Performance Aparatur Desa Pada Kantor Kecamatan Patumbak Dengan Menggunakan Complex Proportional Assesment

Authors

  • Ardy Kennedy STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Ttiguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.2899

Abstract

             Pemerintah wilayah ataupun daerah sebagai pelaksana amanat pada terwujudnya kesejahteraan rakyat desa wajib mempunyai kemampuan mengelola asal daya insan yg tersedia pada wilayahnya masing-masing menggunakan bersaing secara global. Adapun permasalahan pemerintah walayah dalam terwujudnya kemampuan mengelola daya saing dan berkualitas yang kurang pengawasan pada aparatur desa mapun dalam penilaian yang belum maksimal dan lambat. Dalam hal pemerintah wilayah memerlukan pengambilan keputusan yang maksimal dan cepat, maka dalam pembangunan sistem penilaian yg bisa dan teruji pada memilih kinerja Aparatur Desa dalam Kantor Kecamatan Patumbak. Oleh sebab itu, pemerintah bisa memakai keilmuan sistem pendukung keputusan, yg bisa menyimpulkan output keputusan dalam menyelesaikan permasalahan dalam penentuan kinerja aparatur desa.         Solusi yang diberikan, perlunya suatu aplikasi sistem pendukung keputusan yang ditujukan untuk melakukan pengambilan keputusan atau pemecahan persoalan dalam menentukan performance aparatur desa Pada Kantor Kecamatan Patumbak yang selektif dan efesien dalam pengambilan keputusan. Dengan sistem pendukung keputusan. Dalam metode sistem pendukung keputusan dapat mengembangkan dalam upaya dalam menetukan yang akan digunakan dengan menggunakan metode Complex Proportional Assesment (COPRAS).           COPRAS lebih akurat dalam perhitungan perangkingan alternatif karena evaluasi kriteria maksimum dan kriteria minimum dilakukan secara terpisah. Metode COPRAS menggunakan penilaian dan evaluasi bertahap prosedur alternatif dalam hal signifikansi dan tingkat utilitas. Hasil adanya pelayanan pada masyarakat terwujudnya kesejahteraan rakyat desa dan meningkatkan mutu ataupun kualitas pada pelayanan Kantor Kecamatan Patumbak

Author Biographies

Ardy Kennedy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Saripurna, STMIK Ttiguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Andreswari, "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 5.no1, no. ISSN 2407-389X, 43-49.

A. D. U. Siregar, N. A. Hasibuan and F. , "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Marketing Terbaik di PT. Alfa Scorph Menggunakan Metode COPRAS," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. II, no. 1, pp. 62-68, 2020.

R. F. Santoso, N. Hidayat and S. , "Implemetasi Metode Fuzzy AHP (Analitycal Hierarchy Process) - COPRAS (Complex Proportional Assessment) untuk Rekomendasi Penentuan Kelompok Tani Terbaik (Studi Kasus : Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , vol. IV, no. 10, pp. 3542-3551 , 2020.

T. Y. M. Sihite, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelompok Nelayan Terbaik Menerapkan Metode Copras," Jurnal Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), vol. VII, no. 2, pp. 106-110, 2020.

T. Mufizar, T. Nuraen and A. Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Universitas Klabat Anggota CORIS, vol. I, no. 1, pp. 68-82, 2017.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi CRITERIA DECISION MAKING (MCDM), Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2017.

Downloads

Published

2019-03-25

Issue

Section

Articles

URN