Implementasi Data Mining Untuk Mengestimasi Perbandingkan Keuntungan Antara Tanaman Jeruk dan Kopi di Desa Kutambelin Menggunakan Algoritma Regresi Linear Berganda

Authors

  • Fidelis Sembiring STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Hendryan Winata STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Rini Kustini STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.2894

Abstract

Kopi dan jeruk merupakan salah satu komoditas utama perkebunan tradisional yang ada di daerah dataran tinggi Sumatera Utara (termasuk Kabupaten Karo dan Dairi). Komoditas tersebut memiliki peranan penting dalam ekonomi kabupaten tersebut, antara lain adalah sebagai sumber perolehan devisa, penyedia lapangan kerja dan sebagai sumber pendapatan bagi petani perkebunan maupun pelaku ekonomi lainnya yang terlibat dalam budidaya, pengolahan maupun dalam rantai pemasaran.Agar mudah dalam mengetahui estimasi perbandingan keuntungan antara tanaman jeruk dan kopi ini maka dibuatlah sebuah program data mining. Data mining merupakan suatu proses penggalian atau pencarian informasi baru dengan mencari sejumlah pola atau aturan tertentu dari data yang menumpuk.Dalam penyelesaian masalah terkait menghitung perbandingan keuntungan antara tanaman jeruk dan kopi, metode yang digunakan adalah algoritma regresi linear berganda. Teknik regresi linier berganda adalah suatu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui hubungan sebuah variabel tak bebas (regressand) dengan satu atau lebih variabel bebas (regressor). Analisis regresi merupakan metode analisis yang dapat digunakan untuk menganalisis data dan mengambil kesimpulan yang bermakna tentang hubungan ketergantungan variabel terhadap variabel lainnya, jadi regresi dapat mengetahui estimasi kedepannya dengan melihat variabel bebas yang ada. 

Author Biographies

Fidelis Sembiring, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Hendryan Winata, STMIK TRIGUNA DHARMA

TEKNIK KOMPUTER

Rini Kustini, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

References

A. C. Sembiring, D. Sitanggang, N. Purnasari, I. Budiman, F. Teknologi, and U. P. Indonesia, “Pengolahan Pasca Panen Di Desa Lingga Kabupaten Karo,†vol. 8, no. 2, 2019.

T. NURASA and D. HIDAYAT, “Analisis Usahatani Dan Keragaan Marjin Pemasaran Jeruk Di Kabupaten Karo,†SOCA Socioecon. Agric. Agribus., vol. 8, no. 1, pp. 1–22, 2008.

Y. Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,†J. Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2017.

P. S. Ramadhan and N. Safitri, “Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang,†Sains dan Komput., vol. 18, no. 1, pp. 55–61, 2019.

S. Sulistyono and W. Sulistiyowati, “Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda,†PROZIMA (Productivity, Optim. Manuf. Syst. Eng., vol. 1, no. 2, p. 82, 2018, doi: 10.21070/prozima.v1i2.1350.

L. Utari and D. L. Hakim, “Prediksi Jumlah Pembelian Sepatu Dengan Penerapan Metode Regresi Linear,†Teknois J. Ilm. Teknol. Inf. dan Sains, vol. 10, no. 2, pp. 71–80, 2020, doi: 10.36350/jbs.v10i2.93.

I. Juliantina, Y. Sutejo, S. Butarbutar, M. Agustien, B. B. Adhitya, and F. Alia, “Pemodelan Regresi Linier Berganda Dan Estimasi Biaya Perbaikan Lereng Menggunakan Soil Nailing (Studi Kasus : Jalan Muara Enim – Sp. Sugihwaras),†Cantilever, vol. 6, no. 2, 2017, doi: 10.35139/cantilever.v6i2.55.

Downloads

Published

2018-07-26

Issue

Section

Articles

URN